Medan, 15/9 (Antara) - Ajib Shah dari Partai Golkar dan Budiman Nadapdap dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan diangkat menjadi pimpinan sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Pengangkatan pimpinan sementara DPRD Sumut itu diawali pembacaan surat kesekretariatan oleh Sekretaris DPRD Sumut Randiman Tarigan usai prosesi pelantikan di Medan, Senin.

Menurut Randiman, sesuai dengan ketentuan dalam UU 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD, pimpinan sementara DPRD berasal dari dua parpol yang meraih kursi terbanyak.

Berdasarkan hasil rekapitulasi yang ditetapkan KPU Sumut, Partai Golkar dinyatakan sebagai kursi terbanyak yakni 17 kursi, disusul PDI Perjuangan dengan 16 kursi.

Melalui surat Partai Golkar, ditetapkan Ajib Shah yang juga Ketua DPD Partai Golkar Sumut sebagai pimpinan sementara DPRD Sumut.

Sedangkan dari PDI Perjuangan, ditetapkan Budiman Pardamean Nadapdap (Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Bidang Hubungan Antarlembaga) sebagai Wakil Ketua Sementara DPRD Sumut.

Usai pembacaan keputusan itu, dilakukan serah terima posisi pimpinan dewan dengan penyerahan palu dan buku memori dari Ketua DPRD Sumut periode 2009-2014 Saleh Bangun kepada Ajib Shah dan Budiman Nadapdap.

Dalam penyerahan palu dan buku memori itu, Saleh Bangun didampingi empat Wakil Ketua DPRD Sumut periode 2009-2014 yakni Sigit Pramono Asri (PKS), Kamaluddin Harahap (PAN), HM Affan (PDI Perjuanga), dan Chaidir Ritonga (Partai Golkar).

Ketika memulai rapat paripurna, Ketua Sementara DPRD Sumut Ajib Shah mengatakan, upaya untuk meingkatkan peranan lembaga legislatif bukanlah pekerjaan ringan.

Apalagi jika dikaitkan dengan semakin besarnya harapan masyarakat terhadap wakil rakyat guna menyikapi berbagai persoalan yang dihadapi.

Meski demikian, pihaknya berharap dapat menjalankan peran sebagai wakil rakyat dengan baik. "Kita berharap DPRD periode 2014-2019 dapat menciptakan prestasi yang lebih baik," katanya.

Pihaknya juga berharap Gubernur Gatot Pujo Nugroho dan unsur FKPD di Sumut dapat meningkatkan koordinasi untuk mempercepat pembangunan di provinsi itu.

Menurut catatan, Ajib Shah dan Budiman Nadapdap adalah anggota DPRD Sumut periode 2009-2014. Pada periode sebelumnya, Ajib Shah adalah Ketua Fraksi Partai Golkar. Sedangkan Budiman Nadapdap adalah Ketua Fraksi PDI Perjuangan***1***
(T.I023/B/Yuniardi/Yuniardi)

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014