Tanjung Balai, 11/9 (Antara Sumut) - Kalangan anggota DPRD Kota Tanjung Balai, mengemukakan, pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) setempat perlu menjalani tes urine dalam rangka penanggulangan penyalahgunaan narkoba.

"Kami meminta agar Wali Kota bekerja sama dengan kepolisian untuk melakukan tes urine pegawai negeri sipil dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tanjung Balai," kata Ketua Fraksi Golkar, Said Budi Safril di Tanjung Balai, Kamis.

Menurut dia, tes urine penting dilakukan untuk mengetahui siapa saja aparatur sipil negara di lingkungan Pemkot Tanjung Balai yang terbukti mengkonsumsi narkoba.

Pihaknya mensinyalir tidak tertutup kemungkinan banyak oknum PNS dan pejabat di lingkungan Pemkot setempat yang terlibat narkoba.

Ia memperkirakan, penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Tanjung Bakai dewasa ini sudah mencapai pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Bahkan, lanjut Said, penggunaan serta peredaran narkoba diperkirakan telah merambah dan meracuni berbagai elemen warga, seperti pelajar, masyarakat dan bahkan anggota Polri.

Ia membenarkan bahwa DPRD Tanjung Balai turut merasa prihatin mencermati penyalahgunaan narkoba, seperti sabu-sabu, pil ekstasi, ganja dan zat adiktif lainnya.

"Hampir setiap hari ada saja oknum yang terjaring petugas karena mengkonsumsi atau mengedarkan narkoba," kata mantan Ketua AMPG Tanjung Balai ini.

Karena itu, menurut dia, Wali Kota perlu segera meminta bantuan Porlesta Tanjung Balai segera melakukan tes urine bagi PNS, pejabat publik dan lingkup Pemkot setempat.

"Anggota legislatif juga perlu menjalani tes urine,"tambahnya.

Ia menambahkan, jika dari hasil tes urine tersebut menunjukkan ada oknum PNS terbukti positif mengkonsumsi narkoba, Wali Kota harus berani menindak tegas PNS yang bersangkutan.

Tindakan itu, katanya, berupa penerapan sanksi disiplin atau menyerahkannya kepada petugas untuk diproses berdasarkan hukum postif di Indonesia.

"Dengan demikian, kita berharap kedepannya tidak ada PNS atau pejabat yang terlibat Narkoba. Dan pada akhirnya, pelayanan publik berjalan baik sebagaimana harapan bersama," kata Budi. (Yan)

Editor: T. Nico Adrian

Pewarta: Yan Aswika

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014