Binjai, 15/8 (Antara) - Sebanyak 297 calon haji asal Kota Binjai, Sumatera Utara, siap berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah, karena sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

"Ke 297 calon haji Binjai sudah siap berangkat karena sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji," kata Kepala kantor Kementerian Agama Kota Binjai melalui Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, Haji Zulham di Binjai, Jumat.

Para calon haji itu sudah mengikuti kegiatan manasik haji yang dilaksanakan kelompok bimbingan ibadah haji, maupun yang dilaksanakan Kementerian Agama setempat.

Mengenai kloter pemberangkatan calon haji dari Kota Binjai masih menunggu pengundian kloter (qur'ah) yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini, katanya.

Zulham menjelaskan dari 297 orang calon haji yang akan berangkat itu, terdiri dari 118 orang laki-laki dan 179 orang perempuan, yang berasal dari lima kecamatan yang ada, katanya.

Calon haji tersebut yang terbanyak berasal dari kecamatan Binjai Utara. Usia tertua dari calon haji laki-laki, yaitu Hasan Ismail (86), perempuan Tengku Umi Kalsum (82).

Sementara termuda laki-laki yaitu Bandi (21) dan termuda perempuan Fitria Suci (19), katanya.

Kepala Seksi Urusan Haji dan Umroh Kota Binjai itu menyampaikan juga bahwa saat sekarang ini para calonh haji sudah melakukan cek kesehatan, keimigrasiannya juga sudah siap, dan juga sudah dilakukan suntik manigitis.

Selain itu, instansinya bersama dengan berbagai elemen lainnya juga sudah melaksanakan enam kali manasik haji kecamatan, sedangkan untuk keseluruhannya nanti akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Binjai berupa Manasik Akbar.

Manasik haji yang dilaksanakan Pemerintah Kota Binjai direncanakan pada 21-23 Agustus di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Binjai, katanya.***3***
(T.KR-IFZ/B/Farochah/Farochah)

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014