Langkat, Sumut, 15/8 (Antara) - Lima narapidana penghuni Rumah Tahanan Negara Tanjungpura Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, memperoleh remisi bebas bertepatan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-69 pada 17 Agustus 2014.

"Ada lima narapidana di Rutan Tanjungpura yang memperoleh remisi bebas khusus HUT RI ke-69 ini," kata Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Rumah Tahanan Negara Tanjungpura Iriadi, di Tanjungpura, Jumat.

Pemberian remisi bebas bagi narapidana tersebut, berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia, tentang pemberian remisi khusus, katanya.

Adapun tahanan yang bebas bertepatan Hari Kemerdekaan RI ini adalah Jumakir, Ramadahan alias Mada, Abdul Sidik, Dicky Ardian dan Sabdan.

Selain itu, kata Iriadi, sebanyak 159 narapidana mendapatkan remisi khusus berupa pengurangan hukuman pada HUT RI ke-69 ini.

"Narapidana yang memperoleh remisi khusus berupa pengurangan hukuman antara satu bulan hingga empat bulan," sambungnya.

Iriadi juga menyampaikan bahwa para narapidana tersebut mendapat pengurangan hukuman dari pemerintah, karena dinilai berkelakuan baik dan sudah menjalani hukuman sesuai yang telah ditentukan.

"Pemberian remisi kepada napi tersebut, merupakan penghargaan bagi mereka selama menjalani hukuman berkelakuan baik, tidak pernah melawan petugas atau berkelahi sesama napi," katanya.

Mereka yang mendapat pengurangan hukuman ini terkait kasus narkoba yang hukumannya di bawah lima tahun, pencurian, asusila, pembunuhan, perkosaan, yang sifatnya pidana umum.

Terkait dengan narapidana kasus korupsi maupun kasus narkotika yang hukumannya di atas lima tahun pemberian remisinya menunggu keputusan dari Jakarta.

"Belum ada keputusan yang turun dari Jakarta terkait narapidana kasus korupsi maupun narkoba yang dihukum di atas lima tahun, walaupun sudah diusulkan," kata Iriadi.

Iriadi juga menjelaskan bahwa pemberian remisi yang dilakukan pemerintah kepada narapidana itu, tidak hanya setiap HUT RI saja, juga Hari Raya Idul Fitri, dan hari-hari besar agama lainnya seperti Hari Natal, Waisak dan Nyepi. ***1***
(T.KR-IFZ/B/T. Susilo/T. Susilo)

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014