Medang Deras, 7/5 (Antara Sumut) - Bupati Batu Bara OK. Arya Zulkarnain menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas bantuan satu unit kapal atau speed boat Napoleon 022 dari Ditjen Pengawasan Sumber daya Keluatan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

"Kami berjanji akan menjaga kapal ini sebaik-baiknya dan memanfaatkan kapal ini secara maksimal untuk mengawas kegiatan perikanan di Kabupaten Batu Bara," katanya di Kecamatan Medang Deras, Rabu.

Bupati menyatakan hal itu usai menerima kapal Napoleon 022 dari Direktur Jenderal PSDKP Syahrin Abdurrahman di dermaga Kecamatan Medang Deras.

Menurut dia, Pemkab Batu Bara melalui Dinas Perikanan dan Kelautan setempat bekerja sama dengan instansi terkait selama ini terus berupaya meningkatkan kinerja pengawasan terhadap kegiatan yang berpotensi merusak sumber daya kelautan dan perikanan.

Upaya tersebut, kata Arya, juga dalam rangka menegakkan Peraturan Menteri Keluatan dan Perikanan tentang Jalur Penangkapan Ikan dan Penempatan Alat Penangkapan Ikan dan Alat Bantu Penangkapan Ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia.

Melalui sosialisasi dan implementasi peraturan tersebut, kata dia, kini jumlah kasus pelanggaran penangkapan ikan di wilayah perairan Batu Bara semakin berkurang.

"Meski beberapa pelanggaran kecil masih ada terjadi dan akan menjadi tugas kami untuk melanjutkan dan memperbaikinya," ujar Bupati.

Sementara itu, Direktur Jendral PSDKP Syahrin Abdurrahman, berharap speed boat Napoleon 022 bisa dimanfaatkan secara optimal.

"Speed boat pengawas ini diharapkan bisa tetap terawat agar bisa dimanfaatkan secara optimal dan berkesinambungan," ucap dia.
Syahrin mengakui, jadwal serah terima kapal cepat Napoleon 022 dari Ditjen PSDKP kepada Pemkab Batu Bara sempat tertunda beberapa kali disebabkan padatnya jadwal kegiatan kedua instansi tersebut.

"Alhamdulillah akhirnya serah terima kapal Napoleon 022 ini dapat dilaksanakan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu penyelenggaraan kegiatan ini," ujarnya. (TNA)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014