Sei Rampah, 11/6 (Antara Sumut) - Bupati Serdang Bedagai, Soekirman menyempatkan diri memberikan arahan dan motivasi kepada petani dan nelayan dari daerah itu saat menghadiri Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) XIV Tahun 2014, di Kecamatan Kepanjen, Jawa Timur, Sabtu (7/6).

"Kegiatan ini (Penas KTNA) mempunyai arti yang sangat penting bagi para petani dan nelayan," kata Bupati Serdang Bedagai, sebagaimana disampaikan Kabag Humas Dewi Indah Kumala di Sei Rampah, Rabu.

Menurut Bupati, keikutsertaan dalam Penas KTNA tahun ini hendaknya ini dapat membangkitkan semangat dan tanggung jawab serta kemandirian para petani, nelayan dan petani hutan di Sergai dalam meningkatkan pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

Dalam ajang Penas tersebut, lanjutnya, para petani nelayan mempunyai kesempatan untuk saling mengisi dalam upaya memperkuat agribisnis di tingkat petani nelayan.
Selain itu momentum acara tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan para petani lain yang telah berpengalaman dan berhasil.

Karena itu, Soekirman minta peserta Penas KTNA Sergai mampu memanfaatkan kesempatan ini dalam menambah wawasan, ilmu terhadap daerah yang telah maju bidang pertanian, peternakan, kehutanan dan telah menerapkan teknologi terbarukan.

"Kami berharap melalui pertemuan ini petani dan nelayan Serdang bedagai dapat lebih termotivasi untuk terus menggali dan melakukan inovasi serta mencari pengetahuan di bidang ilmu pertanian, peningkatan produksi dan produktivitas," ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, para petani dan nelayan pada gilirannya semakin berpeluang memperbaiki kesejahteraannya melalui peningkatkan pendapatan.

Penas KTNA 2014 yng dibuka Presiden RI, Soesilo Bambang Yudhoyono tersebut berlangsung sejak 7 Juni hingga 12 Juni.

Usai menghadiri acara pembukaan Penas KTNA, Bupati Soekirman juga berkesempatan mengunjungi sejumlah stand pameran, termasuk stand Kabupaten Sergai.

Turut serta dalam rombongan Bupati Sergai, antara lain Ketua TP-PKK Hj. Marliah Soekirman, Asisten Ekbangsos Hadi Winarno,Kaban P2KP Setiyarno, Ketua KTNA Rasdiaman Damanik. (TNA)

Pewarta: T. Nico Adrian

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014