Oleh T. Nico Adrian



Medan, 19/5 (Antara Sumut) - Perusahaan Jepang Toyohashi Waterworks and Suwarage berkomitmen melanjutkan bantuan konsultansi dan pelatihan kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi dalam rangka meningkatkan kualitas air bersih.

"Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh pihak Toyohashi Waterworks and Suwarage," kata Direktur Perencana dan Produksi PDAM Tirtanadi, Tamsil Lubis di Medan, Senin.

Ia menyatakan hal itu terkait dengan kunjungan tim
Toyohashi Waterworks and Suwarage Jepang ke Sumut dalam rangka memantau dan mengevaluasi implementasi hasil pelatihan beberapa Pegawai PDAM Tirtanadi yang sebelumnya telah memperoleh pelatihan di Nagoya, Jepang.

Disebutkannya, pegawai PDAM Tirtanadi yang telah mengikuti pusat pendidikan pelatihan Toyohashi Waterworks and Suwarage, yaitu Kepala Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sunggal, Mawardi, Kabag Perawatan ME IPA Limau Manis Andarianto, Kabag Pengawasan IPA Limau Manis Fauzan dan Kabag Produksi dan Jaringan Perpipaan IPA. Sibolangit Muhammad Arif Siregar.

"Mereka mengikuti pelatihan penggunaan bahan kimia untuk meningkatkan kualitas air bersih," ujar Tamsil.

Ia menambahkan, PDAM Tirtanadi berencana melanjutkan pengirim pegawai perusahaan daerah tersebut untuk mengikuti pelatihan di Jepang.

Melalui program kerja sama ini, pihaknya berharap para pegawai PDAM Tirtanadi yang mengikuti pelatihan dapat menerapkan ilmu yang diperoleh di unit kerjanya masing-masing, sehingga keluhan pelangga tentang kualitas air dapat diminimalisir.

Bahkan, lanjutnya, tidak menutup kemungkinan dapat terus mengembangkan proyek percontohan air siap minum yang saat ini sudah ada, seperti di komplek perumahan Malibu.

Sebelumnya Direktur Teknik Toyohashi Waterworks and Suwarage, Kazunori Asakawa, mengatakan, pihaknya selama lima hari berada di daerah ini telah melakukan penelitian di instalasi pengolahan air (IPA) Sunggal.

Penelitian meliputi, antara lain penggunaan sodium hypochloride sebagai pengganti gas chlorine dan rencana penggunaan media filter antrasit untuk meningkatkan kinerja filter.

"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan penggunaan bahan kimia terhadap peningkatan kualitas air olahan IPA Sunggal," ujarnya.

Hasil penelitian ini nantinya akan diusulkan oleh Toyohashi Waterworks and Suwarage, kepada Pemerintah Kota Toyohashi Jepang guna dapat diberikan bantuan kepada PDAM Tirtanadi dalam upaya peningkatan kualitas air. (TNA/rel)

Pewarta: T. Nico Adrian

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014