Oleh Irwan Arfa

Medan, 30/4 (Antara) - Badan Narkotika Nasional Sumatera Utara menjalin kerja sama dengan unsur Tentara Nasional Indonesia, terutama Komando Daerah Militer I Bukit Barisan dalam pemberantasan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba.

Dalam paparan di Medan, Rabu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumut Kombes Pol Rudi Tranggono mengatakan, hasil kerja sama itu telah terbukti dengan tertangkapnya empat pengedar yang diamankan Detasemen Intelijen (Denintel) Komando Daerah Militer I Bukit Barisan.

Pengedar narkoba yang diserahkan Denintel Kodam I Bukit Barisan itu adalah Hermansyah Angkat (44) dan Dani Hariansyah (30) yang merupakan penduduk Asrama Eks Linud di Kecamatan Medan Sunggal.

Dari dua tersangka itu, diamankan barang bukti berupa uang Rp311,575 juta, 33 paket sabu-sabu, dua alat penghisap sabu-sabu (bong), lima unit timbangan elektrik, plastik untuk membuat paket sabu-sabu, dan 17 unit telepon genggam.

Dua tersangka lain yang diamankan Denintel Kodam I Bukit Barisan yang diserahkan ke BNN Sumut pada 25 April 2014 adalah Friskana Surbakti (30) penduduk Komplek Pemda Tanjung Sari dan Siska Wardani (33).

Dari penangkapan Friskana Surbakti, diamankan barang bukti berupa empat kecil putau yang dibungkus dalam plastik berwarna hitam, serta satu buah spet jarum dan alat suntik.

Adapun dari tersangka Siska Wardani diamankan barang bukti berupa sembilan paket kecil putau, serta dua unit telepon genggam.

Sedangkan satu tersangka lagi merupakan pengedar yang diamankan BNN RI yakni Abdul Hafid (44) penduduk Komplek Abdul Hamid, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang.

Dari tersangka itu, diamankan barang bukti berupa satu plastik transparan yang berisi sabu-sabu dalam sebuah paket titipan sendok makan.

BNN Sumut terus melakukan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba melalui jalinan kerja sama dengan seluruh elemen masyarakat, termasuk unsur TNI.

Dengan adanya pengedar narkoba yang diamankan Denintel Kodam I Bukit Barisan tersebut, pihaknya akan terus meningkatkan kerja sama dengan unsur TNI untuk mengurani peredaran narkoba di Sumut.
(I023)

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014