Oleh Juraidi

Balige, 21/3 (Antara) - Kepala Dinas Pasar Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Arifin Silaen mengajak para pedagang di Pasar Balerong Balige meningkatkan peran dalam menjaga kebersihan lingkungan agar menjadi contoh bagi pasar-pasar lain.

"Dengan kondisi pasar yang bersih dan sehat maka secara otomatis akan menarik minat para pembeli untuk datang berbelanja, hingga roda perekonomian berputar lebih lancar," kata Arifin di Balige, Jumat.

Sosialisasi tentang arti pentingnya menjaga kebersihan lingkungan pasar, kata dia, telah mereka siarkan melalui Radio Tobasa FM 100,7 MHz guna mendorong para pedagang di Pasar Balerong menjaga dan mengatur kebersihan lingkungannya.

Hal dimaksud, kata Arfin, sejalan dengan visi Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Toba Samosir, untuk terwujudnya sinergi pembangunan ekonomi rakyat berbasis pasar tradisional yang modern dengan sistem pelayanan kebersihan dan pengembangan ruang terbuka hijau.

Di samping itu, misi yang diemban dalam melaksanakan pembangunan, rehabilitasi dan pemeliharaan kebersihan pasar dengan meningkatkan peran serta masyarakat dan dunia usaha untuk membangun dan memelihara sarana prasarana kebersihan pasar maupun taman.

Menurut dia, para pedagang pasar di pusat kota Balige, ibukota Kabupaten Tobasa itu, perlu menyadari eksistensi pasar Balerong yang sangat potensial dijadikan sebagai objek wisata, terbukti selama ini banyak dikunjungi turis lokal maupun manca Negara.

Ia menjelaskan di Kabupaten yang terletak di bagian tengah Provinsi Sumatera itu terdapat sepuluh pasar tradisional, yakni di Kecamatan Balige dan Uluan dengan hari pekan pada setiap Jumat.

Selain itu pasar tradisional di Kecamatan Silaen dan Laguboti dengan hari pekan pada setiap Senin. Pasar tradisional Kecamatan Porsea pada setiap Rabu serta hari Kamis di Kecamatan Parsoburan.

Pasar tradisional Kecamatan Ajibata pada setiap Selasa, dan setiap Sabtu pasar tradisional di dua kecamatan yakni Kecamatan Borbor dan Lumban Julu.

"Kami berharap para pedagang pasar di daerah ini dapat berlomba meningkatkan penataan dan kebersihan lingkungan," kata Arifin. ***2***
(T.KR-JRD/C/Farochah/Farochah)

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014