Oleh Joko Gunawan



Rantauprapat, 23/2 (Antarasumut) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhan Batu secara bertahap terus meningkatkan kuantitas pembangunan di Labuhan Bilik, antara lain sarana infrastruktur, pendidikan, listrik dan kesehatan guna memperbaiki kesejahteraan masyarakat di wilayah pesisir tersebut.

Menurut Kabag Humas dan Infokom Pemkab Labuhan Batu, Sugeng di Rantauprapat, Minggu, langkah tersebut akan terus dilakukan Pemkab Labuhan Batu di bawah kepemimpinan Bupati Tigor Panusunan Siregar.

"Hal itu juga sejalan dengan tekad dan komitmen Bupati Labuhan Batu dalam mewujudkan visi dan misi menjadikan Labuhan Batu Mandiri 2015 menuju Labuhan Batu Sejahtera 2020 serta dengan motto rakyat tidak sakit, rakyat tidak bodoh dan rakyat tidak lapar," ujarnya.

Di bidang pembangunan infrastruktur jalan, misalnya, sebagian besar ruas jalan di perkampungan penduduk telah dibangun dengan sistem rabat beton atau cor semen.

Sedangkan di bidang kesehatan, Pemkab Labuhan Batu telah menerapkan program pelayanan medik secara gratis dan meningkatkan sarana pelayanan kesehatan di Puskesmas setempat.

Selain kesehatan, kata Sugeng, Bupati Labuhan Batu Tigor Panusunan Siregar bersama Wakil Bupati Suhari Pane juga memberi perhatian serius untuk memaksimalkan pembangunan pendidikan di daerah itu, termasuk di Labuhan Bilik.

Pemkab Labuhan Batu telah menerapkan program pendidikan gratis mulai dari jenjang SD hingga SLTA dan meningkatkan sarana belajar mengajar di sejumlah sekolah.

"Semua program pembangunan yang direalisasikan semata-mata untuk mensejahterakan masyarakat," kata Sugeng.

Jika ada fasilitas umum yang belum selesai dikerjakan, menurut dia, hal itu hanya masalah waktu serta keterbatasan anggaran.

"Kesemuanya itu merupakan tekad Pak Bupati untuk menjadikan Kabupaten Labuhan Batu mandiri dengan masyarakatnya yang sejahtera," ucap dia.

Ia menambahkan, kinerja pembangunan di Labuhan Bilik, Kecamatan Panai Tengah merupakan bagian kecil dari janji yang telah direalisasikan bupati dan wakil bupati Labuhan Batu saat kampanye beberapa tahun.

Seorang tokoh masyarakat Labuhan Bilik, Ucok Maspar, mengakui di wilayahnya kini sudah banyak kemajuan pembangunan yang berdampak positif bagi peningkatan taraf hidup masyarakat setempat.

Namun demikia, ia berharap geliat pembangunan tersebut hendaknya dibarengi dengan peningkatan kesadaran dan mental aparatur pemerintah di kecamatan tersebut agar mereka bekerja lebih maksimal melayani masyarakat.

"Pelayanan berobat gratis sudah dapat dinikmati oleh warga. Hampir semua jalan juga sudah ditingkatkan kualitasnya. Bahkan program pengembangan plasma sawit juga direalisasikan," ujar Ucok. (JG)

Editor: T. Nico Adrian

Pewarta: Joko Gunawan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014