Oleh Juraidi

Laguboti, Sumut, 12/2 (Antara) - Institut Teknologi Del (IT Del) Sitoluama Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara menerima hibah aset Negara, berupa satu unit teropong bintang dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk dimanfaatkan para mahasiswa, khususnya dalam bidang astronomi.

"Teropong bintang yang diserahkan oleh pemerintah tersebut merupakan yang pertama dan satu-satunya di Provinsi Sumatera Utara," ujar Wakil Rektor III IT Del, Deni Lumbantoruan di Laguboti, Rabu.

Dengan adanya fasilitas teropong bintang tersebut, kata dia, diharapkan mulai tahun 2014 para pelajar dari Sumatera Utara dapat bersaing di olimpiade sains tingkat nasional, khususnya bidang astronomi.

IT Del lanjutnya, akan menyusun berbagai program untuk mendorong minat pelajar agar tertarik melakukan penelitian yang dimulai dari penelitian-penelitian kecil di bidang astronomi.

Deni menyatakan, pihaknya siap melaksanakan program untuk merubah pola pikir para pelajar agar lebih berminat kepada penelitian-penelitian ilmiah.

"Menerima hibah teropong bintang merupakan suatu hal yang menggembiraan bagi segenap civitas academica Institut Teknologi Del Laguboti," sebut Deni.

Mewakili Kemdikbud, Staf Ahli Teropong Bintang dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Chatief Kunjaya menyerahkan langsung teropong bintang dimaksud kepada Rektor IT Del Prof. Roberd Saragih, pada Selasa (4/2) di Laguboti.

Pembina Olimpiade Astronomi itu berharap, para pelajar di wilayah Sumatera Utara dapat memanfaatkan fasilitas teropong bintang tersebut dengan sebaik-baiknya.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi Provinsi Sumatera Utara, August Sinaga, dan Ketua Pengurus Yayasan Del, Patuan Simatupang, turut menyaksikan penandatanganan berita acara serah terima teropong bintang tersebut.

August Sinaga menyampaikan rasa kagumnya terhadap kondisi lingkungan dan fasilitas yang dimiliki Institut yang berlokasi sekitar sepuluh kilometer dari Balige, ibukota Kabupaten Toba Samosir itu.

Dia berharap, keberadaan teropong bintang dapat menjadikan IT Del sebagai tempat wisata pendidikan serta sumber belajar, khususnya bidang astronomi.

Menurut August, pola pikir pelajar masa kini harus mulai diubah. Pelajar yang hobi mengakses situs-situs jejaring sosial harus lebih difokuskan ke arah pengetahuan ilmiah.

Dengan adanya teropong bintang di IT Del, kondisi yang ada sekarang diharapkan dapat berobah, karena para pelajar telah mempunyai fasilitas untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang sains, khususnya bidang astronomi.

"IT Del harus dapat menjadi mitra Kemdikbud Provinsi Sumut untuk memfasilitasi sekolah-sekolah dalam pelaksanaan penelitian di bidang sains, astronomi, komputer, matematika, dan fisika," kata August. ***3***
(T.KR-JRD)

(T.KR-JRD/B/Z. Meirina/Z. Meirina)

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014