Oleh Joko Gunawan



Rantauprapat, 10/2 (Antarasumut) – Siswi Kelas XI SMK Siti Banun Rantauprapat, Kabupaten Labuhan Batu, Dea Gesti Ayunda mendapatkan beasiswa dari American Field Service (AFS) guna mengikuti program pendidikan singkat di Finlandia.

"Dea Gesti Ayunda terpilih menjadi salah seorang pelajar yang akan menimba ilmu di Finlandia, setelah sebelumnya berhasil lulus dalam seleksi yang diselenggarakan pihak AFS," kata Kepala SMK Siti Banun Reni Kartika di Rantauprapat, Senin.

Reni didampingi Dea Gesti Ayunda dan orang tua siswi tersebut, menyatakan hal itu usai melakukan kunjungan audiensi kepada Wakil Bupati Labuhan Batu, Suhari Pane.

Disebutkannya, Dea mengikuti seleksi program pertukaran pelajar saat masih duduk di kelas X.

"Dea akan berangkat ke Finlandia setelah naik kelas XII," katanya seraya menambahkan seluruh biayanya ditanggung oleh AFS.

AFS merupakan organisasi nirlaba yang mengirim lebih dari ratusan remaja dari 58 negara untuk mengikuti program pertukaran pelajar.

Diakuinya, keberhasilan Dea mengikuti program pertukaran pelajar berskala internasional tersebut merupakan kebanggaan bagi SMK Siti Banun Rantauprapat.

"Prestasi yang diraih Dea hendaknya dapat memotivasi pelajar lain di Labuhan Batu lebih giat belajar dan meraih prestasi," ucap Reni.

Sebelumnya Wakil Bupati Labuhan Batu Suhari Pane mengaku ikut merasa bangga atas prestasi yang diraih siswi SMK Siti Banun Rantauprapa tersebut.

"Prestasi yang diperoleh Dea merupakan prestasi luar biasa dan jarang diperoleh para pelajar lainnya terhitung kurun waktu tiga tahun terakhir," katanya.

Suhari mengingatkan Dea agar dalam mengikuti program AFS di Firlandia benar-benar fokus untuk belajar dan menuntut ilmu.

Sebelumnya Ketua DPRD Kabupaten Labuhan Batu, Hj Ellya Rosa Siregar juga menyatakan bangga atas prestasi Dea Gesti Ayunda sehingga berhasil menjadi salah seorang duta Indonesia dalam program pertukaran pelajar di Finlandia.

"Itu sebuah hasil yang sangat membanggakan dan patut ditiru semua pelajar lainnya," ujarnya. (JG)

Editor: T. Nico Adrian

Pewarta: Joko Gunawan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014