Zurich, 14/1 (Antara/Reuters) - Penyerang Portugal dan Real Madrid Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia untuk kedua kalinya pada Senin, mencegah rival beratnya Lionel Messi memenangi penghargaan tersebut untuk kelima kalinya secara berturut-turut.

Pemain Argentina Messi, yang dihantam beberapa masalah cedera di Barcelona pada akhir tahun, dan pemain Prancis Franck Ribery dari Bayern Munich merupakan dua kandidat lain untuk penghargaan tersebut, yang secara resmi dikenal sebagai FIFA Ballon d'Or.

"Terima kasih untuk semuanya, rekan-rekan setim saya, tim nasional, dan keluarga saya, untuk semua orang yang ada di sini. Eusebio dan Mandela sangat penting bagi saya, saya tidak dapat berbicara," kata Ronaldo yang emosional pada upacara pemberian penghargaan itu.

Jupp Heynckes, yang sekarang sudah pensiun, dinobatkan sebagai pelatih terbaik untuk pertama kalinya setelah Bayern Munich yang diasuhnya memenangi tiga gelar utama sekaligus dalam semusim, yakni Liga Champions, Liga Jerman, dan Piala Jerman.

Ronaldo juga menjadi pemain terbaik dunia pada 2008, sebelum Messi memulai laju empat kali memenangi penghargaan tersebut secara beruntun.

Pada 2010 dan 2011, penghargaan tersebut digabung dengan penghargaan Ballon d'Or yang sebelumnya diselenggarakan oleh majalah France Football.

Meski Ronaldo tidak memenangi gelar-gelar utama pada musim lalu, ia tidak dapat dihentikan untuk terus mencetak gol.

Pemain 28 tahun itu telah mencetak 20 gol di Liga Spanyol musim ini untuk Real Madrid, dan menorehkan sembilan gol di fase grup Liga Champions.

Bagaimanapun, pencapaian tertingginya tahun ini didapatnya bersama Portugal ketika ia mencetak trigol dan nyaris seorang diri menaklukkan Swedia 3-1 pada pertandingan kedua di playoff Piala Dunia mereka untuk membawa negaranya melaju ke putaran final.

Tim terbaik tahun ini diisi oleh Manuel Neuer sebagai kiper, Philipp Lahm, Sergio Ramos, Thiago Silva, dan Dani Alves di pertahanan, para gelandang Andres Iniesta, Xavi, dan Ribery, serta Ronaldo, Zlatan Ibrahimovic, dan Messi sebagai penyerang.

(Uu.SYS/C/A.R.A Adipati/C/A. Suhendar) 14-01-2014 05:24:00

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014