Seoul, 30/12 (Antara/Yonhap) - Sebuah film Korea terinspirasi oleh tahun-tahun awal kiprah mendiang Presiden Roh Moo-hyun melampaui lima juta penonton pada Senin, 12 hari setelah dirilis, kata distributor lokalnya, NEW.

"Attorney", judul film tersebut, menggebrak penanda lima juta penonton lebih cepat daripada "Gwanghae: the Man Who Became the King" dan "Miracle in Cell No. 7," keduanya film Korea yang menjadi film terlaris lokal pada tahun 2012 dan 2013, dan bahkan "Avatar" (2009), film yang paling banyak dilihat sepanjang masa di negeri itu.

Beberapa pakar industri memperkirakan bahwa "Attorney" akan menjadi film pertama yang melebihi 10 juta penonton tahun depan.

Di Korea Selatan, film - rata-rata dilihat oleh lebih dari empat juta orang dianggap sukses box-office.

Dibintangi aktor Song Kang-ho, bintang hit terbaru sutradara Bong Joon-ho "Snowpiercer," film itu menggambarkan kisah seorang pengacara pajak kecil-kecilan di kota selatan Busan yang kemudian benar-benar mengubah jalan hidupnya dengan menangani kasus-kasus hak asasi manusia. Pengacara itu adalah model setelah pengacara - berubah - menjadi presiden Roh.

Dalam apa yang disebut "Burim case," pemerintah yang kemudian dipimpin Presiden otoriter Chun Doo-hwan ditahan secara ilegal dan menyiksa sekelompok mahasiswa universitas yang tidak bersalah, guru sekolah dan pekerja bergaji lainnya atas tuduhan pemberontakan pada tahun 1981 untuk menekan aktivis pro-demokrasi dan mengamankan markas rezim diktator.
(Uu.H-AK/
(T.H-AK/C/A. Krisna/A. Krisna)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013