Binjai, 30/10 (Antara) - Peserta Keluarga Berencana (KB) aktif di Kota Binjai, Sumatera Utara kini mencapai 5.131 orang atau 93,55 persen dari target yang ditetapkan.

"Ada sekitar 5.131 peserta KB aktif di kota Binjai," kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Binjai Lisa Andriani Idaham di Binjai, Rabu.

Lisa menjelaskan, PKK Binjai akan melaksanakan kegiatan selama tiga bulan ke depan untuk kesatuan gerak PKK KB-Kesehatan guna mendorong pencapaian peserta KB aktif.

Terkait dengan upaya itu, pihaknya akan memberikan pelayanan KB dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada keluarga pra sejahtera dan masyarakat kurang mampu.

"PKK akan memberikan pelayanan gratis kepada keluarga kurang mampu, miskin dan pra sejahtera," katanya.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan keluarga dan masyarakat umum.

Program PKK KB-Kesehatan, menurutnya, ikut memberi kontribusi dalam upaya menurunkan angka kelahiran, mengendalikan laju pertumbuhan penduduk sekaligus menurunkan angka kematian bayi serta dapat meningkatkan ketahanan keluarga dan kesehatan lingkungan.

Secara terpisah Wakil Wali Kota Binjai Timbas Tarigan, membenarkan bahwa hingga September 2013 pencapaian KB aktif di daerahnya sudah mencapai 5.131 orang atau 93,55 persen dari target sebanyak 5.485 orang.

Sementara untuk vasektomi mencapai 115 orang dari target tujuh orang.

Sedangkan jumlah peserta KB aktif sebanyak 28.974 pasangan atau 73,86 persen dari pasangan usia subur yang ada.

"Kita berharap pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Binjai khususnya pasangan usia subur untuk menjadi peserta program KB," ucapnya.

Timbas juga menyampaikan terima kasih kepada Marlina selaku kader posyandu Dahlia II Kelurahan Bandar Senembah, karena menjadi juara II kontes Posyandu TAT di Jakarta. (KR-IFZ)

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013