Jakarta, 19/9 (Antara) - Tim voli putra indoor Sumatera Utara (Sumut) berhasil merebut medali emas setelah secara mengejutkan mengalahkan Jawa Timur pada final Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XII di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Kamis.

"Kami bersyukur dan bangga karena kemenangan ini adalah suatu kejutan bagi kami karena di Sumut pembinaan bola voli itu kurang intensifdibandingkan Jatim. Jatim itu punya Samator yang merupakan tim unggulan di Proliga," ujar Pelatih Kepala Tim Bola Voli Putra Sumut Elfian saat ditemui usai pertandingan.

Menurut dia, kunci kemenangan timnya berada yaitu di set kelima. Di set kelima pihaknya membalikkan posisi dengan permainan bola-bola cepat dan smash keras.

"Di set kelima , dandi itu lepas dari penjagaan sehingga kami bisa menyetir dan membalikkan posisi. Ditambah saat dandi bermain di set kelima , ia tidak ketemu dengan dendi yang sama-sama mempunyai smash mematikan, makanya mereka belajar lagi, makanya mereka kaget," ujar Ketua 2 Binpres PBVSI Sumatera utara itu.

Ia memberikan apresiasi kepada para pemain yang telah bermain dengan penuh daya juang dan disiplin.

"Terutama pemain bernomor punggung 12 itu Dandi Al Hafif itu pemain kunci di laga final ini. Selain itu ia paling banyak menyumbangkan poin selama Popnas ini," kata dia.

Ia mengharapkan dengan merebut medali emas ini, pemerintahan provinsi Sumatera Utara lebih memperhatikan cabang olahraga bola voli indoor.

"Dengan kemenangan tersebut kami ingin membuka mata bahwa bola voli indoor di luar Jawa itu bisa berkembang. Kami berharap para pejabat di pemprov Sumut maupun dispora memperhatikan kami. Kami minta PPLP di Sumut," ujar dia.

Sementara itu, pemain bola voli indoor Sumut Dandi Al Hafif mengaku bangga bisa memberika kontribusinya sehingga Sumut bisa merebut medali emas.

"Bersyukur dan bangga bisa menyumbangkan medali emas untuk Sumut. Jawa timur diperkuat dengan pemain-pemain bagus, namun kali ini kami yang beruntung bisa memenangkan laga tersebut di final," kata Dandi

Menurut dia, pihaknya melakukan berbagai persiapan dengan matang untuk mengikuti pertandingan bola voli indoor dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional ( Popnas) XII.

"Kami lakukan persiapan matang sejak dikalahkan Jatim di final Popnas XI di Riau," kata dia.

Dalam laga final tim bola voli indoor putra, Sumut mengungguli Jawa Timur dengan skor tipis 3-2. Di set pertama Jatim unggul 25-14, sedangkan di set kedua dan ketiga Sumut berbalik unggul 25-23, 25-23.

Di set ketiga Jatim kembali unggul 25-22 dan di set penentuan Sumut mengakhiri laga dengan 15-9.

Untuk medali perunggu diraih Jawa Tengah setelah mengalahkan DKI Jakarta dengan skor 3-0 (25-22, 25-23, 25-18). (A063)

Pewarta: Azis Kurmala

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013