Medan, 26/8 (Antara) - Jadual peresmian Bandar Udara Kualanamu belum dapat dipastikan karena masih melihat perkembangan kesiapan dan kemajuan pembangunan infrastruktur transporatsi udara itu.

"Belum pasti (peresmiannya) karena akan dilihat dari kesiapan bandara," kata Wakil Gubernur Sumut HT Erry Nuradi usai mengikuti rapat paripurna di DPRD Sumut di Medan, Senin.

Itu disampaikan Erry Nuradi ketika dipertanyakan tentang persiapan yang akan dilakukan terkait rencana peresmian Bandara Kualanamu oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 September 2013.

Menurut Wagub, pihaknya memang sudah mendapatkan informasi jika Presiden Yudhoyono akan meresmikan bandara yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang tersebut.

Namun, kemungkinan rencana peresmian yang dijadwalkan pada 9 September itu akan diundur karena masih menunggu perkembangan terakhir dari proses penyelesaian berbagai infrastruktur pendukung Bandara Kualanamu.

Selain itu, dibutuhkan juga kesiapan waktu dari Presiden Yudhoyono untuk meresmikan infrastruktur transportasi udara pengganti Bandara Polonia Medan tersebut.

"Sudah diinformasikan akan diresmikan, namun tanggalnya nanti dilihat dari kondisi terakhir," katanya.

Pemprov Sumut dan seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan Bandara Kualanamu sedang berupaya mempercepat penyelesaian itu dengan mendorong pembebasan lahan yang dibutuhkan.

Dari laporan terakhir, kemajuan pembebasan lahan itu telah mengalami kemajuan signifikan. "Tidak sampai satu persen lagi (yang belum dibebaskan),teknis pembangunannya berada di Balai Besar Jalan Nasional," katanya. ***3***
Biqwanto
(T.I023/B/B. Situmorang/B. Situmorang)

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013