Binjai, Sumut, 21/8 (Antara) - Sebanyak 125 anak-anak di kota Binjai, Sumatera Utara mengikuti lomba cerita, pidato dan tari tradisional dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Anak yang dilaksanakan PKK Binjai.

"PKK melakukan lomba untuk anak-anak dalam rangka peringatan Hari Anak 2013," kata Ketua Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga Kota Binjai Lisa Andriani Idaham di Binjai, Rabu.

Lomba ini diikuti anak-anak se Kota Binjai yang terdiri dari anak PAUD/TK sebanyak 75 orang, 50 orang anak SMP, dan lima group anak SMA mengikuti lomba tari.

Lisa Andriani Idaham mengatakan, anak merupakan bibit generasi penerus bangsa, sebagai cikal bakal pembangunan bangsa dan negara haruslah disiapkan dengan sehat, cerdas, berakhlak.

"Anak harus tumbuh dan berkembang secara wajar sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang," ujarnya.

Anak wajib dilindungi dari berbagai tindak kekerasan, eksploitasi, penelantaran, ketidakadilan, dan diskriminasi.

Tumbuh kembang anak berawal dari pengasuhan dalam kehidupan anak. Oleh karena itu, berdasarkan tema hari Anak Nasional 2013 yaitu "Indonesia yang ramah dan peduli anak dimulai dari pengasuhan dalam keluarga".

Untuk itu kata Lisa perlu ditingkatkan peran serta orangtua dan keluarga.

Revitalisasi keluarga mutlak diperlukan dalam tugas pokok dan fungsinya dimana keluarga berfungsi sebagai sekolah bagi pendidikan anak sehingga tercipta generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, beriman, kreatif dan inovatif.

Kegiatan lomba ini bertujuan untuk mengembangkan potensi diri anak agar menjadi anak mandiri, jujur, berakhlak dan berprestasi.

Lisa juga menyampaikan, kegiatan lomba ini berlangsung dua hari diantaranya lomba cerita anak untuk PAUD/TK, lomba pidato untuk SLTP dan lomba tari tradisional untuk SLTA.

Terlihat hadir kegiatan itu istri Wakil Wali Kota Binjai Ketua Nani Timbas Tarigan, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Ny Tri Saktiono, pengurus Bhayangkari, Darma Wanita, dan Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Agusnadi Talla.***4***
(T.KR-IFZ/C/Suparmono/Suparmono)

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013