Langkat, Sumut, 13/8 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, masih terus melakukan verifikasi faktual terhadap ijazah pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Langkat periode 2014-2019.

"Kita masih melakukan verifikasi di berbagai sekolah terhadap ijazah pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Langkat," kata salah seorang anggota KPUD Langkat yang membidangi Hubungan Masyarakat dan Hukum Riswan Guci di Stabat, Selasa.

Riswan menjelaskan, bukan ada keterlambatan dalam verifikasi, namun karena masa liburan sekolah yang cukup panjang membuat proses verifikasi harus mengikuti masuknya kembali sekolah.

Untuk proses ijazah pada tingkatan yang lebih tinggi semisal sarjana, SMA, maupun SMP sudah hampir selesai dilakukan.

Sementara yang menjadi kendala hanya untuk verifikasi ijazah sekolah dasar (SD), namun dua hari ini akan segera dirampungkan, sehingga sudah ada kepastian untuk diumumkan.

"Dalam waktu dekat ini atau pertengahan Agustus ini hasilnya kita umumkan, memang saat ini terkendala karena saat ini masih banyak sekolah yang libur," ujar Riswan.

Pengumuman verifikasi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Langkat untuk periode 2014-2019 itu direncanakan Senin (19/8) di salah satu tempat yang ada di kota Stabat.

Seharusnya, sesuai jadwal tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang sudah ditetapkan berlangsung hingga 1 Agustus mendatang.

Proses itu dilakukan, setelah KPU Langkat memberi waktu untuk melengkapi berkas pendaftaran yang perlu diperbaiki atau pun dilengkapi para pasangan calon, (25/7) yang lalu.

"Dengan tutupnya sekolah-sekolah ini selama Ramadan, agak tertunda sebenarnya waktu kita untuk melakukan verifikasi, jadi kita perpanjang waktunya," katanya.

Riswan juga menjelaskan, ada berkas pendaftaran yang diserahkan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang belum lengkap secara keseluruhan.

Dimana kekurangan itu seperti daftar kekayaan yang belum dilampirkan dengan diketahui oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dari Polda Sumatera Utara belum dilampirkan para calon.***1***

 

 
(T.KR-IFZ/B/Suparmono/Suparmono)

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013