Medan, 21/6 (Antara) - Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, akan menggelar lomba dayung sampan tradisional sebagai rangkaian kegiatan untuk memperingati hari jadi ke-423 kota itu.

Kabag Humas Pemkot Medan Budi Hariono di Medan, Jumat, mengatakan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-423 Kota Medan yang jatuh 1 Juli 2013, pihaknya akan menggelar serangkaian kegiatan.

Salah satunya adalah Dinas Pertanian dan Kelautan (Distanla) Kota Medan menggelar lomba dayung sampan tradisional di kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Sabtu (22/6). "Lomba dayung ini terbuka untuk umum," katanya.

Selain itu, kata dia, acara juga dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan lainnya mulai fun bike, senam massal dan gerak jalan beregu,
car free day dan Medan bersepeda sampai malam hiburan rakyat yang diberi nama Semarak Karya Nusantara akan dipersembahkan kepada seluruh warga Kota Medan.

Selain menampilkan sejumlah artis ibukota, malam hiburan akan dipungkasi dengan pesta kembang api menyambut datangnya 1 Juli.

Untuk fun bike, kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (23/6) yang rencananya akan diikuti sekitar 5.500 peserta berasal dari Pemkot Medan, TNI, Polisi serta masyarakat umum.

Kemudian senam massal dan gerak jalan beregu di Stadion Teladan, Sabtu (29/6) yang diikuti sebanyak 5.000 peserta berasal dari pegawai seluruh SKPD di lingkungan Pemko Medan, masyarakat umum, Dinas Pendidikan dan siswa sekolah.

Keesokan harinya, Minggu (30/6), dilanjutkan dengan kegiatan Car Free Day dan Medan Bersepeda.

Untuk Car Free Day, dipusatkan di Lapangan Benteng Medan. Sedangkan Medan Bersepeda start dimulai dari Lapangan Benteng dan finish di Lapangan Merdeka.

Menurut rencana, kegiatan Medan Bersepeda akan diikuti sekitar 50 orang peserta Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC 2013. Mereka bersepeda akan didampingi oleh Komunitas Sepeda Ontel.

Usai Car Free Day dan Medan Bersepeda, kata Budi, acara tambahan ini akan diisi dengan Semarak Karya Nusantara yang digelar di Lapangan Benteng mulai pukul 15.00 WIB.

Masyarakat akan dihibur dengan penampilan band, carnaval aneka fashion dan dance.

"Malam harinya masyarakat akan dihibur dengan penampilan artis dari ibukota Jakarta sampai jelang tengah malam. Tepat pukul 00.00 WIB menyambut datangnya 1 Juli, dilaksanakan pesta kembang api," ungkapnya.***4***
(T.KR-JRD/C/N. Yuliastuti/N. Yuliastuti)

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013