Medan, 13/6 (Antara) - Sebanyak 150 petinju muda dipastikan turut berpartisipasi dan bersaing menjadi yang terbaik pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) tingkat Junior dan Youth di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, 17-22 Juni 2013.

"Mereka berasal dari 20 kabupaten/kota di Sumut. Kejurda ini juga dirangkai dengan Open Turnamen Elite memperebutkan Piala Bupati Padang Lawas," kata Ketua Tim Formatur Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sumut Edi Sibarani di Medan, Kamis.

Ia mengatakan hasil Kejurda tingkat junior dan youth ini sebagai bagian dari persiapan untuk menuju Kejuaraan Nasional (Kejurnas) tingkat juniordi Bandung, Jawa Barat, Juli 2013.

Untuk itu kepada para petinju muda tersebut diharapkan untuk benar-benar mempersiapkan diri demi mencapai hasil maksimal nantinya, sehingga dapat mewakili Sumut pada kejurnas di Bandung mendatang.

"Kategori petinju yang ikut dikejurda ini untuk junior putra dan putri memiliki batas umur 15-16 tahun, sementara untuk Youth berusia 16-17 tahun. Kejurda nya sendiri digelar di Lapangan Merdeka Kabupaten Padang Lawas ," katanya.

Perkembangan tinju amatir di Sumut dalam beberapa tahun belakangan ini terus menunjukkan peningkatan baik pada tingkat junior maupun elite.

Pada beberapa kali kejurnas junior dan youth, petinju-petinju muda Sumut berhasil menunjukkan kelasnya yang berhasil tampil sebagai juara umum.

Gelar juara umum tersebut diraih pada kejurnas tahun 2008, tahun 2009,tahun2010 dan tahun 2011.

Namun untuk kejurnas tahun 2012 di Jakarta, Sumut hanya berhasil tampil sebagai juara umum kedua.

Atas raihan prestasi di beberapa kali pelaksanaan kejurnas tersebut, pihaknya bertekad pada kejurnas tahun 2013 ini dapat mengulangi prestasi yang sama.
"Kami harus berupaya dengan keras untuk mempertahankan prestasi dan kalau bisa merebut juara umum kembali pada kejurnas di Bandung nanti," katanya.(KR-JRD)

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013