Deli Serdang, 26/5 (antarasumut) - Delegasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Malaysia dan Brunei Darussalam mengagumi pola pembangunan yang diterapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang dalam rangka mewujudkan percepatan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

"Kami kagum dengan berbagai program pembangunan yang telah dan sedang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang," kata pimpinan delegasi KIM Malaysia Muhammad Isa Jasin usai mendengar sekilas paparan dari Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Deli Serdang Neken Ketaren, di Lubuk Pakam, Kamis (23/5).

Ia menilai, pola pembangunan berbasis semangat kebersamaan yang ditumbuhkembangkan Pemkab Deli Serdang dengan melibatkan masyarakat dan sektor swasta selama ini merupakan cara efektif memacu pembangunan di daerah itu.

Di bidang pelayanan publik, ia juga menyatakan tertarik dengan berbagai kemudahan termasuk dalam hal proses perizinan yang diterapkan Pemkab setempat.

Oleh karena itu, lanjut Muhammad, pihaknya ingin menindaklanjuti kerja sama saling menguntungkan di bidang perdagangan dan investasi dengan kalangan pelaku usaha dan KIM di Deli Serdang.

Pernyataan senada juga senada juga diungkapkan ketua delegasi KIM Brunei Darussalam Abdul Karim.

"Banyak hal menarik yang bisa dijadikan contoh dari kebijakan, program dan pola pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang," katanya.

Dari hasil paparan Kadis Infokom Deli Serdang, Abdul Karim menyatakan ingin membangun kerja sama pertukaran informasi dengan Pemkab Deli Serdang dan sejujmlah KIM di daerah itu.

Kunjungan delegasi KIM Malaysia dan Brunei Darussalam ke Deli Serdang merupakan rangkaian dari kunjungan kegiatan merekas mengikuti agenda penyelenggaraan Pekan Informasi Nasional (PIN) 2013 yang dipusatkan di Medan, 24-28 Mei.

Selama berada di Deli Serdang, delegasi KIM Malaysia dan Brunei juga meninjau sejumlah hasil kerajinan dan produk industri usaha kecil dan menengah yang dipamerkan di gedung Dekranasda setempat.

Sebelumnya, Kadis Infokom Deli Serdang Neken Ketaren saat audiensi sekitar 25 orang anggota KIM Malaysia dan Brunei, memaparkan perkembangan dan kinerja pembangunan yang telah dan sedang dilaksanakan Pemkab setempat.

Dikatakannya, Pemkab Deli Serdang di bawah kepemimpinan bupati Amri Tambunan telah mengawali pembangunan di Deli Serdang dengan menggagas berbagai program yang menyebtuh langsung kepada kepentingan masyarakat luas.

Beberapa program itu, antara lain di bidang pendidikan melalui program Percepatan Rehabilitasi dan Apresiasi Sekolah (Cerdas), pembangunan infrastruktur jalan dan berbagai sarana umum melalui Gerakan Deli Serdang Membangun (GDSM).

Selanjutnya, program kesehatan melalui gerakan Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu dan Anak (Ceria dan program Bedah Rumah bagi rumah masyarakat berpenghasilan rendah.

"Manfaat dari program-program tersebut sudah dirasakan oleh masyarakat, baik di kecamatan maupun pedesaan," ujar Neken Ketaren.

Sejumlah program pembangunan yang telah dilaksanakan sejak delapan tahun lalu itu, lanjutnya, merupakan bagian dari visi dan misi pembangunan Bupati/Wakil Bupati Deli Serdang Amri Tambunan dan Zainuddin Mars.

Adapun visi dan misi pembangunan Deli Serdang, yakni Menjadikan Deli Serdang Maju dengan masyarakatnya yang Religius, Sejahtera, Bersatu Dalam Kebhinekaan.

"Kebhinekaan dalam hal ini mengingat warga Deli Serdang heterogen di mana dihuni oleh berbagai suku yang ada di Indonesia," ujar Neken. (TNA)

Pewarta: T. Nico Adrian

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013