Binjai, 18/5 (antarasumut) - Sebanyak 55 stand dinas, instansi dan kecamatan memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Binjai Sumatera Utara ke-141, dengan menu spesial ikan lele, yang diolah sedemikian rupa untuk dinikmati warga.

"Makanan ikan lele siap saji gratis dinikmati warga," kata Walikota Binjai Muhammad Idaham di Binjai, Sabtu.

Disampaikannya bahwa setiap stand ataupun kelompok diberi bekal sekitar 50 kilogram ikan lele, dan mengolahnya dengan berbagai resep, katanya.

Ada yang diolah menjadi lele goreng tepung, lele asam manis, lele cabai hijau santan, sayur asam lele, sop lele jamur, bahkan ada juga yang diolah menjadi nuget dan lain sebagainya.

"Semua yang diolah ini makanan siap saji yang diberikan secara gratis kepada masyarakat kota Binjai," kata Idaham.

Idaham juga menjelaskan bahwa ikan lele memiliki banyak kandungan protein yang bermamfaat bagi tubuh.

Ada puluhan peternak lele yang ada di kota Binjai yang berada di lima kecamatan, serta balai benih milik dinas pertanian dan perikanan.

Setiap harinya sekitar 15 ton ikan lele siap panen, untuk dipasarkan ke wilayah Medan, Langkat dan Deli Serdang, khususnya untuk konsumsi rumah makan.

Wali kota juga menjelaskan bahwa instansi dinas pertanian dan perikanan Binjai, selama ini sudah melakukan sosialisasi beternak ikan lele.

"Beternak ikan lele sekarang ini diair yang bersih dan jernih, sehingga gizi ikan lele semakin baik," katanya.

Secara terpisah Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Edy Gunawan menjelaskan bahwa sekarang ini dengan banyak peternak ikan lele kita dorong untuk membuat abon lele ataupun sale lele.

"Ini untuk menambah pendapatan peternak lele," katanya.

Diharapkan nantinya wisatawan domestik ataupun mancanegara ketika melintas di kota Binjai bisa singgah dan membeli produk ikan lele untuk dibawa pulang, usai berwisata ke sejumlah lokasi wisata yang ada di Langkat.***3***
(T.KR-IFZ)

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013