Silau Kahean, 15/5 (Antarasumut) – Karya Bhakti TNI Kodam I BB untuk pengerjaan jalan umum sepanjang 31,1 kilometer di dua kecamatan di Kabupaten Simalungun menghemat pengeluaran anggaran Rp 2 miliar lebih.

“Kalau kita tenderkan membutuhkan biaya kira-kira Rp 12 miliar, tetapi dengan karya bahkti TNI biaya Rp9,6 miliar,” sebut Bupati Simalungun JR Saragih, Rabu sore, di Dusun Bohoan Nagori Dolok Marawa Kecamatan Silau Kahean.

Selain itu ujar Bupati, jika melalui proses tender pembangunan infrastruktur jalan penghubung Kecamatan Dolok Silau dan Silau Kahean ini, maka kegiatan belum bisa dilaksanakan dan baru bisa dirasakan masyarakat manfaatnya pada tahun 2014.

Tetapi dengan karya bhakti TNI, pembangunan jalan telah dikerjakan mulai Maret 2013 dan ditargetkan selesai September 2013. “Dengan selesainya jalan ini, akses ke kawasan terpencil ini akan terbuka dan ekonomi masyarakat semakin meningkat,” ujar Bupati.

Akses jalan dengan lebar enam meter ini merupakan faktor pendukung untuk menghubungkan dan memperpendek jarak kedua kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Serdangbedagai ini, dari Kota Medan ke pusat pemerintahan tanah Habonaron do Bona di Kecamatan Pamatang Raya.

“Bisa memperpendek jarak 40 kilometer ke Bandara Kualanamu atau Medan dengan waktu tempuh dua sampai dua setengah jam. Saat ini melalui Kota Pematangsiantar butuh waktu kira-kira 4-5 jam dengan jarak tempuh 150 kilometer,” papar Bupati.

Untuk itu Bupati yang mengakui kerja nyata TNI dalam percepatan proses pembangunan di Kabupaten Simalungun berharap kepada Kasad TNI untuk tetap melaksanakan program TNI Manunggal Desa tahun 2014 di kabupaten ini.

Kasad TNI menyampaikan apresiasi kepada Bupati dan masyarakat Simalungun atas sinergitas yang dibangun bersama jajaran TNI selama ini, khususnya terkait rekomendasi Bupati yang memberikan lahan untuk latihan prajurit.

"Sinergitas pemerintah, masyarakat dan prajurit TNI perlu terus dikembangkan untuk pembangunan dan kesatuan negara," tandas Kasad.

Bupati dan pimpinan SKPD menyambut kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) TNI Letjen Pramono Edhie Wibowo dan rombongan untuk melihat pelaksanan pembangunan jalan yang dikerjakan prajurit Kodim 0207 Simalungun.

Dandim 0207 Simalungun Letkol Inf Martin SM Turnip menyampaikan pelaksanaan kegiatan telah rampung 45 persen, dan diperkirakan selesai Agustus 2013, sebulan lebih cepat dari target yang ditetapkan.

Pewarta: Waristo

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013