Langkat, Sumut, 15/4 (Antara) - Enam desa di Kabupaten Langkat yang diikutkan dalam perlombaan desa binaan dilaksanakan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara, harus mendapatkan perhatian dari pimpinan satuan kerja perangkat daerah.

"Ada enam desa yang menjadi perhatian serius karena diikut-sertakan dalam perlombaan desa binaan untuk Sumatera Utara," kata Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat, Abdul Karim di Stabat, Senin.

Abdul Karim yang mewakili Bupati Langkat Ngogesa Sitepu, mengharapkan kepada seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) selaku dewan penyantun agar dapat melakukan pembinaan dan penyaluran berupa bantuan yang dibutuhkan oleh desa binaan TP-PKK Kabupaten Langkat, katanya.

Harapan itu disampaikan saat kunjungan Tim Supervisi TP-PKK Provinsi Sumatera Utara, yang mengadakan supervisi terhadap desa PT-P2WKSS dan desa binaan TP-PKK Kabupaten Langkat.

Disampaikannya bahwa desa binaan TP-PKK Langkat tahun 2013, yang akan ikut diperlombakan adalah desa Sangga Lima Kecamatan Gebang sebagai desa binaan Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PT-P2WKSS).

Sementara desa Padang Brahrang Kecamatan Selesai sebagai desa binaan dibidang Tertib Administrasi, desa Pasar VI Kwala Mencirim Kecamatan Sei Bingai sebagai desa binaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

Selain itu, kata Karim, desa Aman Dame Kecamatan Sirapit sebagai desa binaan Hatinya PKK, desa Teluk Kecamatan Secanggang sebagai desa Binaan Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga ( PKDRT) dan desa Suka Ramai Kecamatan Padang Tualang Desa Binaan Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Secara khusus kepada pengurus TP-PKK Kabupaten untuk dapat memahami dan mempelajari apa yang mejadi bimbingan dan pembinaan dari tim supervisi sehingga dapat dijadikan acuan dan pedoman dalam pelaksanaan pembinaan ke desa binaan PKK tahun ini.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Jaya Sitepu menyampaikan bahwa Kabupaten Langkat telah memilih enam desa yang akan diikutsertakan dalam perlombaan yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Mei 2013 di Kabupaten Batubara untuk tingkat Sumatera Utara dan 30 Mei 2013 di Banjar Baru untuk tingkat nasional.

Berbagai kegiatan TP PKK ini bertujuan

pengurangan angka kemiskinan melalui PKK dengan meningkatkan SDM melalui berbagai perlombaan yang dibuat.

Secara terpisah tim supervisi TP-PKK Provinsi Sumatera Utara yang diketua oleh Ny Dohari Nurdin Lubis mengadakan supervisi terhadap desa PT-P2WKSS dan desa binaan TP-PKK Langkat yang bertujuan untuk melakukan pembinaan dan bimbingan.

Setelah itu akan dilanjutkan dengan tahapan monitoring, dan evaluasi, katanya.***4***

(T.KR-IFZ/C/Z. Abdullah/Z. Abdullah) 15-04-2013 23:17:31

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013