H.Iman Fauzi

Langkat, Sumut, 4/4 (Antara) - Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, meminta 11.398 siswa SMA, SMK, MA, negeri dan swasta di daerah itu mempersiapkan diri mengikuti ujian nasional, yang akan dilaksanakan 14 April 2013 mendatang.

"Kita berharap para siswa mempersiapkan diri mereka untuk mengikuti ujian nasional ini," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Langkat, Sujarno di Stabat, Kamis.

Persiapan diri para siswa untuk mengikuti ujian nasional (UN) ini diperlukan supaya tingkat kelulusan semakin tinggi dapat terwujud, katanya.

Disampaikannya bahwa ada 18 sekolah SMA Negeri yang akan melaksanakan ujian nasional, diikuti dua jurusan IPA, IPS dengan jumlah siswa sebanyak 2.685 orang.

Sementara untuk siswa SMA swasta ada 43 sekolah yang ikut UN, dengan peserta sebanyak 2.255 orang, baik dari jurusan IPA maupun IPS.

Sujarno menjelaskan, selain itu dari sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN), sebanyak tiga sekolah yang akan melaksanakan ujian nasional, dari jurusan IPA sebanyak 194 orang, IPS sebanyak 183 orang dan jurusan agama sebanyak 493 orang.

Sedangkan untuk Madrasah Aliyah Swasta (MAS) ada 40 sekolah yang akan melaksanakan ujian ini, yang terdiri dari jurusan IPA 663 siswa, jurusan IPS sebanyak 487 siswa dan jurusan agama sebanyak 12 siswa.

Pada bahagian disampaikannya selain itu siswa SMK akan ikut dalam ujian tersebut, yang beasal dari SMK negeri sebanyak dua sekolah dengan jumlah 819 siswa.

Untuk siswa SMK swasta dilaksanakan di 44 sekolah yang tersebar di Langkat, dengan jumlah siswa yang akan mengikuti ujian nasional sebanyak 3.984 siswa.

"Ada sekitar 150 sekolah nantinya yang akan melaksanakan ujian nasional untuk siswa menengah atas," kata Sujarno.

Mantan Kepala Bahagian Kesejahteraan Sosial Langkat itu menambahkan para siswa untuk segera melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi ujian tersebut, tidak dipungut bayaran apapun dari para siswa untuk mengikuti ujian itu.

Seluruh pembiayaan mengikuti ujian nasional tersebut sudah ditanggung pemerintah, jadi para siswa hanya mempersiapkan dirinya saja untuk mengikuti ujian nasional.

Diharapkan adanya peningkatan kelulusan siswa dalam ujian nasional kali ini, dan tidak ada siswa Langkat yang tidak lulus, kata Ketua Muhammadiyah Langkat itu menambahkan.***4***

(T.KR-IFZ)

(T.KR-IFZ/C/Z. Abdullah/Z. Abdullah) 04-04-2013 23:53:00

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013