Terima kasih atas kesempatan kepada Tari Gandrung ikut penampilan dalam rangkaian kongres
Denpasar (ANTARA) - Kesenian budaya Tari Gandrung asal Banyuwangi menyambut peserta Kongres V PDI Perjuangan menjelang pembukaan yang digelar pada 8-11 Agustus 2019 di Bali.

"Terima kasih atas kesempatan kepada Tari Gandrung ikut penampilan dalam rangkaian kongres," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Bali, Rabu.

Kader PDIP itu mengaku gembira karena kongres partai menjadi ajang silaturahim kebudayaan serta seni budaya daerah ditampilkan, diekspresikan kemudian membentuk kebudayaan nasional yang beragam dan indah.

Anas menambahkan, pengembangan festival di Banyuwangi sejak delapan tahun terakhir telah mampu memompa regenerasi para pelaku seni tradisi.

"Kebudayaan menjadi hidup karena dipelajari, ditampilkan, dan diapresiasi dalam berbagai pergelaran festival. Dari sanalah pemajuan kebudayaan daerah dimulai," ucapnya.

Sementara itu, ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri tampak ikut menyaksikan seni tradisi khas Banyuwangi yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak-Benda Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Tampak pula Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Bendahara PDIP Olly Dondokambey, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, sejumlah petinggi PDIP serta Gubernur Bali I Wayan Koster dan beberapa kepala daerah lain.

Seusai penampilan Tari Gandrung, Megawati ikut berfoto bersama 50 penari yang merupakan seniman muda asal Banyuwangi.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019