Kerja sama ini baru awal, untuk teknis, nanti kami melihat apa yang bisa disinergikan, akan ditindaklanjuti melalui penandatanganan kerja sama.
Serang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Serang, Banten, menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Pemerintah Kota Linfen, Provinsi Shanxi, Tiongkok, dengan fokus kerja sama empat bidang yakni pariwisata, pendidikan, investasi industri, dan pertanian.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Serang, Rabu, menjelaskan Pemkot Linfen awalnya mengajukan permohonan kerja sama dengan Pemkab Serang sehingga berlanjut pada penandatanganan MoU.

“Kerja sama ini baru awal, untuk teknis, nanti kami melihat apa yang bisa disinergikan, akan ditindaklanjuti melalui penandatanganan kerja sama,” katanya.

Namun demikian Tatu menjelaskan, belum ada detail kerja sama khusus, tetapi empat bidang akan menjadi fokus. “Investasi industri, pariwisata, pendidikan, dan pertanian. Semua yang punya manfaat yang baik untuk Kabupaten Serang, kita akan lakukan kerja sama,” ujarnya.

Baca juga: Indonesia bersaing sengit garap relokasi pabrik Tiongkok

Terkait kemungkinan polemik di masyarakat, dan memandang negatif terkait kerja sama dengan Tiongkok atau China, Tatu meminta publik untuk berpikir positif.

“Sekarang kita memandangnya dari sisi positif. Kalau dipandang dari sisi negatif, ya negatif, namanya suatu daerah atau pemerintahan meminta kerja sama, kita sambut dengan baik. Kita pasti lihat hal-hal positif yang bisa diimplementasikan di Kabupaten Serang,” katanya.

Wakil Wali Kota Linfen, Chang Qing mengatakan, kerja sama dengan Pemkab Serang untuk saling melengkapi kelebihan dan kekurangan antara kedua daerah.

“Kemudian dari berbagai sisi bisa saling mendukung. Jadi langkah pertama adalah, hubungan yang baik antara kedua daerah ini. Membuka diskusi yang lebih dalam lagi,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan hal yang sama bahwa fokus kerja sama pada bidang pariwisata, pendidikan, investasi industri, dan pertanian. “Akan di informasikan pula kepada wirausahawan di Linfen, untuk datang dan investasi ke Kabupaten Serang,” ujarnya.
Baca juga: Menteri Luhut dorong ekspansi kelapa sawit dengan Tiongkok

Pewarta: Sambas
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019