10.000 komunitas motor Sumatera kampanyekan PRB Pulau Bangka

10.000 komunitas motor Sumatera kampanyekan PRB Pulau Bangka

Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa (Babel.antaranews.com/Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan sebanyak 10.000 orang tergabung dalam komunitas sepeda motor se-Sumatera akan hadir di Pulau Bangka untuk mengkampanyekan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Nasional 2019 kepada masyarakat daerah itu.

"Kita berharap komunitas ini beradaptasi dan mengabarkan rangkaian PRB tahun ini kepada masyarakat," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan saat ini sebanyak 500 kendaraan roda dua dari berbagai komunitas di Bangka Belitung, Aceh, Sumatera Selatan, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Lampung sudah mendaftar sebagai peserta touring kampanye PRB pada Oktober 2019 di Pulau Bangka.

"Diperkirakan 10.000 orang lebih akan datang ke Pulau Bangka pada kegiatan touring dan singgah di desa, kelurahan dan objek wisata untuk menyosialisasikan pengurangan risiko bencana ini di Pulau Bangka," katanya.

Menurut dia, para peserta ini nantinya akan menyeberang menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Tanjung Api-Api, Sumatera Selatan ke Pelabuhan Muntok Kabupaten Bangka Barat.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pihak pelabuhan agar touring pengurangan risiko bencana ini berjalan dengan aman, lancar dan sukses," katanya.

Selain itu, BPBD juga telah berkoordinasi dengan Pertamina untuk menyediakan bahan bakar minyak untuk para peserta touring PRB tahun ini. "Jangan sampai ketersediaan BBM di SPBU yang dilalui peserta tidak memadai, sehingga akan mengganggu kegiatan touring ini," katanya.

Ia berharap pemerintah kabupaten/kota, instansi terkait lainnya dan masyarakat mendukung kegiatan touring komunitas sepeda motor ini. "Kegiatan ini tidak hanya sekedar sosialisasi pengurangan risiko bencana saja, tetapi juga memperkenalkan keramahtamahan dan keindahan alam Pulau Bangka kepada masyarakat luar daerah," katanya.*

Baca juga: Satgas Gerakan Pramuka dilatih BPBD Babel tangani bencana

Baca juga: Dana tanggap darurat bencana Babel disiapkan Rp12,5 miliar
Pewarta : Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019