Pemberangkatan Haji 2019 sudah tuntas di Embarkasi Aceh

Pemberangkatan Haji 2019 sudah tuntas di Embarkasi Aceh

Ketua PPIH Embarkasi Aceh, H M Daud Pakeh melepas keberangkatan jamaah calon haji kloter terakhir Aceh di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar, Ahad (4/8/2019). (FOTO ANTARA/M Ifdhal)

Banda Aceh (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh menyatakan telah menuntaskan pemberangkatan jamaah calon haji (calhaj) asal provinsi itu menyusul berangkatnya sebanyak 367 jamaah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 12 pada Ahad pukul 10.48 WIB.

"Alhamdulillah pemberangkatan jamaah calon haji Aceh dari kloter pertama hingga terakhir berjalan dengan lancar,dengan berangkatnya 367 jamaah ini, maka tahun ini jamaah calon haji Aceh yang berangkat ke Tanah Suci berjumlah 4.666 orang," kata Ketua PPIH Embarkasi Aceh, H M Daud Pakeh di Aceh Besar, Ahad.

Ia menjelaskan seluruh jamaah calhaj yang tergabung dari kloter pertama hingga kloter 12 diberangkatkan melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang Aceh Besar menuju Arab Saudi dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia Boeing 777-300 ER.

"Jamaah calon haji yang tergabung dalam kloter 12 ini merupakan jamaah campuran dari 18 kabupaten/kota di Aceh," katanya.

Daud Pakeh yang juga Kakanwil Kemenang Aceh juga berterima kasih kepada semua pihak dan para pemangku kepentingan yang terlibat terhadap kebersamaan dalam menyukseskan pemberangkatan jamaah haji tahun 2019 di Embarkasi Aceh.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat aktif, kepada Pemerintah Aceh semua instansi yang terkait dan semua pihak yang telah mengambil peran menyukseskan perjalanan haji Embarkasi Aceh, juga insan pers yang telah banyak membantu informasi kepada masyarakat, semoga kerja ini juga menjadi amal ibadah bagi kita semua," katanya.

Ia merinci jamaah haji kloter 12 tersebut terdiri  atas jamaah dari Nagan Raya 127 orang, Aceh Utara 49 jamaah, Aceh Besar 30, Pidie Jaya 20, Pidie 17, Lhokseumawe 15, Aceh Barat 14, Bireuen 10, Sabang 13, Aceh Tengah 12, Aceh Selatan 10, Banda Aceh 12, Langsa 10, Bener Meriah 4, Gayo Lues 5, Aceh Singkil 5, Aceh Tenggara 4, Aceh Jaya 2, Aceh Barat Daya 1. Selain itu ditambah TPHD satu orang serta lima orang petugas kloter.

Baca juga: Kemenag: Butuh waktu 26 tahun berhaji dari Aceh

Baca juga: Pemondokan JCH Aceh 3 km dari Masjidil Haram

Baca juga: Empat calon haji Aceh dirawat di RS Arab Saudi
Pewarta : M Ifdhal
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019