Medan (ANTARA) - Rosliana Nasution Binti Sutan Gunung Nasution (65) seorang jamaah haji asal Padang Lawas Utara tergabung pada Kelompok Terbang (Kloter) 20 Embarkasi Medan, Sumatera Utara, menjual sawah agar bisa berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah.

"Sawah yang dijual itu, seluas 1 hektare untuk menambah kekurangan ongkos naik haji (ONH) yang selama ini ditabung," kata Rosliana, di Asrama Haji Medan, Jumat.

Niat untuk berangkat ke Mekkah sudah direncanakan pada 15 tahun lalu, namun baru tahun 2019 ini bisa terkabul setelah menjual hasil tanaman padi dan sawah.
"Semoga dengan menunaikan ibadah haji agar rezekinya semakin meningkat dan diberikan kesehatan, serta panjang umur," ujar Rosliana.

Ia menyebutkan, setelah berada di tanah suci nantinya, akan berdoa di depan Kakbah, semoga mendapat haji mabrur.
Selain itu, dapat lebih meningkatkan ketakwaan kepada Allah Yang Maha Kuasa.
"Saya menunggu dengan sabar selama delapan tahun agar bisa menginjakkan kaki di tanah suci Mekkah," katanya.

Sebanyak 388 calon haji Kloter 20 Embarkasi Medan, 311 orang dari Kabupaten Padang Lawas Utara, 68 orang dari Kota Medan, dan seorang dari Kota Binjai.

Rombongan jamaah haji tersebut dilepas Wakil Bupati Padang Lawas Utara H.Hariro Harahap. Panitia mencatat calon haji dengan usia tertua, Dalena Jamalea Siregar (89) dan Datuk Panusunan Jaronggur (89), berasal dari Kabupaten Padang Lawas Utara.

Sedangkan jamaah haji termuda, Niati Mustika Nasution (27), juga berasal dari Kabupaten Padang Lawas Utara.

Jamaah calon haji dari Kloter 20 Embarkasi Medan akan tinggal di wilayah Syisyah I Mekkah dengan Nomor Maktab 113 Sektor I. Jamaah haji berangkat ke Mekkah melalui Bandara Udara Internasional Kuala Namu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (2/8), sekitar pukul 10.15 WIB.

Data Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, total warga Sumatera Utara yang menunaikan ibadah haji pada 2019 berjumlah 8.641 orang.*

Baca juga: Jamaah haji lansia Padang Lawas Utara semangat ke Mekkah

Baca juga: Jual kebun karet untuk menunaikan ibadah haji ke Mekkah

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019