Menristekdikti ajak mahasiswa kembali menabung

Menristekdikti ajak mahasiswa kembali menabung

Menristekdikti Mohamad Nasir saat memberikan sambutan pada kegiatan mahasiswa menabung di Jakarta, Selasa (indriani)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengajak mahasiswa untuk aktif menabung di bank.

"Kami kembali mengajak mahasiswa untuk aktif menabung, berapa pun itu. Dulu ada yang namanya Tabanas. Nah sekarang kita hidupkan kembali," ujar Menristekdikti di sela acara AksiMuda di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan mahasiswa sangat berpotensi dengan jumlahnya yang mencapai delapan juta mahasiswa itu. Jika setiap menabung paling tidak Rp1 juta hingga Rp2 juta tiap bulannya, maka ada dana sekitar Rp8 triliun dana di perbankan. Dengan demikian diharapkan dana tersebut dapat membantu perekonomian bangsa.

"Berapa pun jumlahnya yang dikontribusikan, yang terpenting aktif menabung," imbuh dia.

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengajak mahasiswa untuk ikut serta Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SiMuda). Ada beberapa produk, seperti SiMuda investasiKu, SiMuda EmasKu dan SiMuda RumahKu.

Menurut Wimboh, program ini bertujuan agar menanamkan budaya menabung sejak dini pada siswa dan mahasiswa. Selain pada mahasiswa, pihaknya juga melakukan sosialisasi pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

Wimboh menjelaskan hingga Juni 2019, yang ikut program SiMuda sebanyak 11.052 rekening atau sebesar Rp12,4 miliar. Wimboh berharap semakin banyak mahasiswa ikut dalam program tersebut.

Baca juga: Menristekdikti: Lembaga manajemen talenta akan bentuk wirausaha muda
Baca juga: Menristekdikti serukan penggunaan medsos bertanggung jawab di kampus
Baca juga: Menristekdikti: perguruan tinggi harus hasilkan lulusan berkompetensi
Pewarta : Indriani
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019