Payakumbuh (ANTARA) - Wali Kota Payakumbuh, Sumbar Riza Falepi mengajak para pegawai serta masyarakat umum untuk membudayakan bersepeda ke kantor atau tempat kerja sebagai bagian dari kampanye hidup sehat.

"Tinggalkan mobil atau kendaraan bermotor di rumah dan dari sekarang mari kita mulai dan budayakan bersepeda ke tempat kerja, " kata Riza saat melepas peserta Gowes Nusantara di arena Medan Nan Bapaneh, Payakumbuh, Sumbar, Minggu.

Gowes Nusantara adalah program Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora yang mengusung motto "Bergerak lah, kapan saja, di mana saja, dengan siapa saja" .

Seiring dengan perjalanan waktu, jenis penyakitnya masyarakat, menurut Riza, sekarang pun sudah berubah, tidak lagi penyakit ringan seperti kulit, tapi penyakit sejenis stroke, jantung, tekanan darah tinggi, obesitas yang banyak diakibatkan pola hidup dan makan tidak sehat serta kurang olahraga.

Selain kampanye hidup sehat, menurut Riza, ajang Gowes Nusantara yang merupakan program pemassalan olahraga di Tanah Air, bisa menjadi sarana untuk merajut kembali persatuan di lingkungan masyarakat setelah berakhirnya Pilpres.

"Tidak ada lagi cebong dan kampret, sudah saatnya kita kembali fokus pada kehidupan yang damai seperti semula dan saatnya memikirkan pola hidup sehat dengan berolahraga, " katanya.

Nalfira Pamenan, salah satu pegawai Pemkot Payakumbuh menyambut baik ajakan walikota dua periode itu karena kondisi alam dan lalu lintas memang memungkinkan bagi warga untuk menjalankan aktivitas menggunakan alat transportasi sepeda.

"Payakumbuh kan kota kecil dan tidak macet, jadi sebenarnya memang lebih nyaman dan menyehatkan bila bersepeda ke kantor, " kata Nalfira.

Baca juga: Kemenpora apresiasi semangat warga Payakumbuh sambut Gowes Nusantara

Gowes Nusantara di Payakumbuh yang merupakan titik keempat dari total 40 titik penyelenggaraan di seluruh Tanah Air, diikuti sekitar 5.000, melampaui target 3.000 peserta.

Asisten Deputi Bidang Olahraga Pendidikan Kemenpora, Alman Hudri yang mewakili Menpora, menyampaikan apresiasi atas tingginya minat masyarakat mengikuti event tersebut. Peserta tidak hanya dari Sumbar, tapi juga propinsi tetangga seperti Riau, Jambi dan Bengkulu.

Gowes Nusantara dengan jarak sekitar 20 km di Kota Payakumbuh tersebut diawali dari Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah dengan rute Tugu Adipura-Labuah Basilang-Gelanggang Kubu Gadang (checkpoint), Simpang Benteng-Simpang Kaniang Bukik-Simpang Napar-Simpang Bunian-Simpang Kanda dan kembali di Ngalau Indah.

Program olahraga sepeda massal di bawah payung tema besar "Ayo Olahraga" itu akan berakhir pada 9 September mendatang, bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Baca juga: Bersama masyarakat, Menpora lahap 11 km Gowes Nusantara Merauke

Baca juga: Gowes Nusantara 2019 tumbuhkan semangat berolahraga

Baca juga: Padang akan awali rangkaian Gowes Nusantara 2019

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019