Implan payudara Biocell ditarik karena tingkatkan risiko kanker

Implan payudara Biocell ditarik karena tingkatkan risiko kanker

Implan payudara dari bahan silikon. (ANTARA News/FDA)

Jakarta (ANTARA) - Allergan Plc mengumumkan penarikan (recall) implan payudara bertekstur dan pembesar jaringan payudara Biocell karena dinilai bisa meningkatkan risiko kanker bagi penggunanya.

Penarikan dari pasar di seluruh dunia diumumkan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menyerukan penarikan lantaran berdasarkan informasi baru menunjukkan bahwa implan payudara Biocell produksi Allergan terkait dengan sebagian kasus limfoma langka.

Implan payudara Biocell dan implan payudara bertekstur yang diisi silikon tidak akan lagi didistribusikan atau dijual di pasar mana pun untuk saat ini. Allergan meminta penyedia layanan kesehatan tidak lagi menanamkan implan payudara Biocell dan juga pembesar jaringan, serta segera mengembalikan produk dimaksud ke Allergan.

Allergan akan memberikan informasi tambahan kepada pelanggan tentang cara mengembalikan produk yang tidak digunakan.

"Keselamatan pasien adalah prioritas bagi Allergan. Pasien disarankan untuk berbicara dengan dokter bedah plastik mereka tentang risiko dan manfaat dari jenis implan mereka jika mereka memiliki masalah," kata Allergan dalam pernyataan resminya, dikutip Kamis.

Penarikan termasuk implan payudara Natrelle Saline, Natrelle yang mengandung silikon, Natrelle Inspira yang dipenuhi silikon, dan Natrelle 410 implan.

Sejauh ini FDA dan otoritas kesehatan lainnya tidak merekomendasikan pengangkatan atau penggantian implan payudara bertekstur atau pelebar jaringan pada pasien tanpa gejala.

Penyedia layanan kesehatan AS yang menggunakan produk itu bisa menggali informasi lebih lanjut terkait penarikan implan payudara Biocell pada nomor 1-800-678-1605 opsi #2 atau IR-Medcom@allergan.com. Atau mengisi dan mengirimkan laporan secara melalui www.fda.gov/medwatch/report.htm.

Baca juga: Tren implan payudara di kalangan perempuan
 
Pewarta : Suryanto
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019