Depok (ANTARA) - Wakil Presiden RI terpilih KH Ma'ruf Amin menyarankan agar para elit politik saling bersilaturahim mengikuti apa yang dilakukan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

"Saya kira bagus elit-elit politik harus sudah mulai bersilaturahim supaya tidak ada lagi ketegangan ketegangan yang masih tersisa," kata Ma'ruf di Depok, Jawa Barat, Kamis, menanggapi pertemuan antara Prabowo Subianto dan Megawati kemarin.

Ma'ruf bahkan menyarankan untuk meneruskan silaturahim tersebut dengan tokoh-tokoh yang lain agar meredakan ketegangan dan menghilangkan kecurigaan.

Baca juga: Pertemuan Megawati-Prabowo dinilai bermakna ganda

Baca juga: Analis politik: Pertemuan Megawati-Prabowo hanya restu politik

Baca juga: Politisi PDIP: Megawati-Prabowo bicarakan pengurangan polarisasi


Menurut Ma'ruf, silaturahim yang dijalin antar elit politik yang pada masa kampanye pilpres berseberangan bisa berpengaruh pada masyarakat di akar rumput.

"Itu bagus sekali dan juga supaya punya pengaruh di akar rumputnya supaya di masyarakat tidak terbelah lagi," kata dia.

Sementara menanggapi kemungkinan Partai Gerindra bergabung dalam koalisi di pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, dia mengatakan hal itu perlu dibicarakan lebih lanjut lagi.

"Itu nanti dibicarakan lah seperti apa bentuknya," kata Ma'ruf yang juga Ketua Umum MUI.

Menurut Ma'ruf perlu ada kesamaan pandangan tentang rekonsiliasi seperti apa yang mau dicapai dari kemungkinan-kemungkinan tersebut.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019