Papua Barat diminta gunakan DAK irigasi tepat sasaran

Papua Barat diminta gunakan DAK irigasi tepat sasaran

Illustrasi: Kawasan pertanian kabupaten Sorong (Foto Antara Papua Barat/ Ernes)

Sorong (ANTARA) - Provinsi Papua Barat diharapkan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang infrastruktur irigasi tepat sasaran.

Kasubdit Fasilitasi Jaringan Air Direktorat Sumber Daya Air SDA Kementerian PUPR, Elroy Koyari di Sorong, Papua Barat, Selasa, mengatakan bahwa DAK bidang infrastruktur irigasi Papua Barat 2019 mencapai Rp78 Miliar.

Karena itu, dia berharap agar anggaran sebesar itu dikelola dengan baik dan dipergunakan sesuai kebutuhan masyarakat, terutama kampung-kampung pusat pertanian.

Menurut dia, DAK bidang infrastruktur irigasi Papua Barat sebesar Rp78 miliar itu akan dibagi sebesar Rp27 Miliar masuk ke Provinsi Papua Barat, sisanya dibagikan kepada kabupaten terutama daerah sentral pangan.

Kabupaten yang diutamakan dalam penggunaan DAK bidang infrastruktur irigasi adalah daerah sentral pangan yakini Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, dan Kabupaten Sorong.

Beberapa daerah yang terdapat saluran irigasi pertanian skala kecil seperti Raja Ampat dan Teluk Wondama juga mendapatkan dana infrastruktur irigasi tersebut.

"Papua Barat berpeluang mendapatkan DAK bidang infrastruktur irigasi ke depan lebih besar lagi, asalkan lebih meningkatkan kualitas dokumen perencanaan program. Dokumen program harus disusun dengan baik dengan melakukan kajian-kajian yang jelas," ujarnya.
Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019