Jayapura (ANTARA) - Legislator Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) John S Mirin mempertanyakan sejauh mana permintaan pembentukan sejumlah polres dan polsek di daerah pedalaman Papua.

"Polres dan polsek saja yang kami usulkan di Yalimo belum dijawab, bagaimana mau bangun Mako Brimob di Jayawijaya," katanya, di Kota Jayapura, Papua, Senin (22/7/2019).

Hal ini ditanyakan oleh John S Mirin dalam acara 'coffee morning' Kapolda Papua bersama Pemprov Papua, DPRP, MRP dan pemangku kepentingan di Aston Hotel, Kota Jayapura.

"Coba hal ini segera diwujudkan," katanya kepada Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja.

Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja menanggapi pertanyaan tersebut mengatakan tentunya usulan atau permintaan pembentukan polres dan polsek tersebut tengah digodok.

"Karena para pengambil kebijakan akan menilai daerah mana yang lebih utama, misalnya karena rawan konflik atau tingkat kesulitannya seperti apa dan bagaimana untuk mako dan personelnya," katanya lagi.
Baca juga: Pemerintah tegas bagi pengancam di Papua

Ia mengakui dari 29 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua, beberapa di antaranya belum punya polres ataupun polsek, sehingga hal itu juga menjadi catatan dan perhatian Polri, khususnya Polda Papua untuk memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat.

"Pastinya hal ini akan dilakukan tetapi akan dikaji lebih baik lagi, karena banyak hal yang akan dipertimbangkan. Saran ini, bisa saya sampaikan ke Mabes Polri bahwa ada permintaan pembentukan polres dan polsek," katanya lagi.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019