Makassar (ANTARA) - Jamaah Calon Haji (JCH) yang merupakan jamaah gabungan dari Sulawesi Selatan dan Papua Barat yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 22 masuk Asrama Haji Sudiang, Makassar.

Para calon tamu Allah asal Sulsel itu dari Kabupaten Gowa, Bone dan Bantaeng, sedang selebihnya dari Papua Barat diterima tim PPIH Embarkasi Makassar sekitar pukul 09.00 Wita, kata Kakanwil Kemenag Sulsel H Anwar Abubakar di Makassar, Senin.

Kepada JCH Kloter 22 ini, Kakanwil berpesan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan menjalin kebersamaan sebagai saudara seiman. Apalagi sebagian dari JCH rata-rata sudah berusia diatas 50 tahun, sehingga harus betul-betul menjaga kesehatan.

"Kondisi suhu udara di tanah suci jauh berbeda dengan di Tanah Air, sehingga jamaah harus memperhatikan kesehatan, jangan sampai dehidrasi dan sebagainya," katanya.

Sementara itu, salah seorang JCH asal Kabupaten Gowa Jamilah mengaku berangkat bersama keluarga, sehingga merasa lebih aman dan bisa saling mengingatkan untuk menjaga kondisi kesehatan.

Untuk mendapatkan panggilan berhaji ini, kata dia, lebih 10 tahun harus menunggu, sedang anggota keluarganya lama waktu tunggunya bervariasi namun rata-rata di atas 12 tahun.

Khusus JCH Kloter 22 ini dijadwalkan diberangkatkan ke Tanah Suci pada Selasa (23/7). Sementara JCH asal Papua Barat yang tergabung dalam Kloter 21 dijadwalkan diberangkatkan ke Jeddah pada pukul 23.40 Wita hari ini.

Baca juga: Lagu Anging Mamiri sambut kedatangan jamaah asal Makassar di Mekkah

Baca juga: 450 calon haji Maluku berangkat ke Tanah Suci dari Makassar

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019