Padang, (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang telah memberangkatkan 6.233 calon haji terdiri atas 16 kelompok terbang hingga Senin 22 Juli 2019.

"Hingga kloter 16 pemberangkatan berjalan dengan baik," kata Sekretaris PPIH Embarkasi Padang Efrizal di Padang, Senin.

Ia menyampaikan saat ini jamaah tengah mengikuti shalat Arbain, yaitu shalat wajib selama 40 waktu tanpa terputus di Masjid Nabawi Madinah dan yang sudah selesai telah bergerak ke Mekkah.

Sementara pada Minggu malam (21/7) sebanyak 393 calon haji kloter 17 telah diberangkatkan ke Tanah Suci dari Bandara Internasional Minangkabau pada pukul 21.05 WIB menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Kloter 17 berasal dari Kota Padang sebanyak 386 orang didampingi lima petugas haji dan dua petugas pendamping dari daerah.

Jamaah termuda kloter 17 atas nama Shakila Nuza Qitshi usia 18 tahun dan tertua atas nama Lisma Zein Muhammad usia 88 tahun.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang, Sumatera Barat memberangkatkan 7.035 calon haji pada musim haji 2019 terdiri atas 18 kelompok terbang.

Dari 7.035 calon haji tersebut terdiri atas 5.005 calon haji asal Sumbar, sebanyak 1.940 dari Bengkulu didampingi 80 petugas haji.

Pada musim haji 2019 PPIH Embarkasi Padang melakukan sejumlah inovasi antara lain menyambut kedatangan jamaah haji daerah di Asrama Haji dengan shalawat badar, menempatkan petugas kloter secara merata, menerbitkan buku panduan haji.
Kemudian mengerahkan pelajar madrasah di rute yang dilalui jamaah haji untuk ikut melepas di sepanjang jalan, mengantar air zam zam untuk jamaah haji hingga ke daerah.

Baca juga: Embarkasi Padang berangkatkan calon haji Bengkulu

Baca juga: Sisihkan penghasilan, Samsunur penarik becak asal Solok naik haji

 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019