Jamaah kloter 1 Balikpapan sudah tiba di Madinah

Jamaah kloter 1 Balikpapan sudah tiba di Madinah

Petugas membantu jamaah berkursi roda memasuki lift untuk menuju garbarata dan terus ke pesawat udara di Gate 2 Keberangkatan Internasional di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Jumat (19/7/2019). (novi abdi/Antara)

Balikpapan, (ANTARA) - Jamaah calon haji dari Kelompok Terbang (Kloter 1) Balikpapan tiba di Bandara Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah sekira pukul lima sore Jumat 19/7 Waktu Arab Saudi (WAS) atau pukul satu dinihari Sabtu 20/7 Waktu Indonesia Tengah.

“Alhamdulillah cuaca agak sejuk. Langit berawan,” tutur Muhammad Yusup, jamaah dari Karang Rejo, melalui telepon.

Sembilan jam sebelumnya, pesawat Boeing 747-400 Garuda Indonesia yang mengantar Yusup dan 448 jamaah lainnya plus 5 pendamping bertolak pada pukul 15.00 Wita Jumat (19/7) dari Bandara Sepinggan di Balikpapan.

Mereka pun menjadi bagian dari 86 ribu lebih jamaah Indonesia dari 219 kloter yang tiba di Madinah dari 13 embarkasi di seluruh Indonesia.

“Kami juga akan segera berangkat ke Mekkah untuk memulai ritual haji,” lanjut Yusup. Mekkah berjarak 456 km di selatan Madinah. Dengan jalan bebas hambatan, bus-bus jamaah haji menempuhnya dalam 4-5 jam.

Sebelumnya di Balikpapan, bila tahun-tahun sebelumnya jamaah calon haji Embarksi Balikpapan diantar dengan bus ke tangga pesawat, tahun ini jamaah calon haji menikmati kesejukan ruang terminal penumpang dan masuk pesawat via garbarata.

“Antara lain karena tahun ini banyak jamaah calon haji kita sudah di usia lanjut,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Farid Indra Nugraha, Sabtu. AP I Sepinggan adalah pengelola Bandara Internasional Sepinggan, fasilitas utama Embarkasi Haji Balikpapan.

 

 

Selain di Kloter 1, jamaah calon haji Balikpapan juga berada di Kloter 4 sebanyak 49 orang dan akan berangkat pada 22 Juli. Juga ada di Kloter 11 sebanyak 16 orang dan berangkat 30 Juli, Kloter 13 sebanyak 16 orang yang akan berangkat pada 2 Agustus, dan di Kloter 15 sebanyak 33 jamaah berangkat 5 Agustus. Total seluruhnya jumlah jamaah beserta para pendamping adalah 564 orang.

“Pak Hakimin Pattang, Kepala Kemenag Balikpapan menjadi satu dari 5 pendamping jamaah Balikpapan,” tambah Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Balikpapan, Masrivani.

Sebelumnya Wali Kota Rizal Effendi melepas jamaah calon haji Balikpapan secara resmi di Masjid Madinatul Iman Islamic Center Balikpapan pada Selasa (16/7 ) lalu. Wali Kota Rizal berpesan agar jamaah selalu menjaga kesehatan dan keselamatan, terutama selama di Tanah Suci.

Turut berangkat dari Embarkasi Balikpapan juga jamaah calon haji dari Samarinda, Bontang, Sangatta, Berau, Paser, Kutai Barat, Mahulu, dan PPU. Jamaah dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara serta Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

Petugas menyapa jamaah saat melintas garbarata untuk masuk ke pesawat udara di Gate 2 Keberangkatan Internasional di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Jumat (19/7/2019). (novi abdi/Antara)
Pewarta : Novi Abdi
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019