Keterbukaan informasi merupakan prinsip penting bagi Pelindo III sebagai bagian dari kepatuhan pada 'Good Corporate Governance' atau Tata Kelola Perusahaan yang Baik. Prinsip ini dilaksanakan tidak hanya untuk kepentingan bisnis, tetapi ke pelayanan
Surabaya (ANTARA) - PT Pelindo III menerima penghargaan manajemen informasi terbaik selama mudik 2019, dalam program pemantauan layanan manajemen informasi arus mudik tahun 2019 yang dimulai sejak April 2019 dari pemerintah.

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya, Jumat mengaku bangga atas prestasi tersebut, dan pelayanan yang dilakukan oleh perusahaan pada arus mudik 2019 adalah bentuk dukungan terhadap program pemerintah untuk menyelenggarakan arus mudik yang aman, nyaman dan menyenangkan untuk pemudik khususnya pelayanan di pelabuhan laut.

Selain itu, kata dia, pelayanan mudik oleh Pelindo III juga sebagai tanggung jawab sebagai BUMN paling informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2018.

"Keterbukaan informasi merupakan prinsip penting bagi Pelindo III sebagai bagian dari kepatuhan pada 'Good Corporate Governance' atau Tata Kelola Perusahaan yang Baik. Prinsip ini dilaksanakan tidak hanya untuk kepentingan bisnis, tetapi ke pelayanan publik seperti kepada penumpang kapal laut," katanya.

Ia mengatakan, pada penyelenggaraan Program Mudik Gratis 2019 Pelindo III juga telah mengimplementasikan pemanfaatan teknologi digital, di antaranya disiapkan papan informasi digital untuk jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal, serta mudah diakses melalui laman atau situs internet dan gawai.

"Kami juga mengajak sejumlah operator kapal untuk mulai mengimplementasikan e-ticketing. Penetrasi inovasi digital untuk memudahkan dan meningkatkan efektivitas transportasi laut itu perlu didorong bersama-sama demi membantu para penumpang kapal laut," kata Doso.

Sementara itu, penghargaan kepada Pelindo III diberikan langsung oleh Kepala Kantor Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko dan Sekjen Kominfo Niken Widiastuti serta Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana kepada Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung di Jakarta.

"Saya sampaikan selamat kepada para pemenang penghargaan. Saya mengapresiasi sejumlah Kementerian, Lembaga, BUMN, yang menunjukkan kinerja luar biasa dalam melaksanakan perintah presiden, mudah-mudahan tahun depan tidak hanya 12 lembaga, tetapi lebih banyak lagi," kata Moeldoko.

Program penganugerahan dan apresiasi merupakan kerja sama antara Direktorat Jenderal Informasi Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Komisi Informasi Publik (KIP) dan Kantor Staf Presiden (KSP).

Kemudian juga melibatkan Google Indonesia sebagai pemantau traffik dan konten di portal www.infomudik.go.id.

Materi informasi dihimpun dari lintas Kementerian, Lembaga dan BUMN terkait dengan kegiatan mudik lebaran, antara lain dari Kementerian Kominfo, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kepolisian RI, BMKG, Basarnas, RRI, PT Pertamina.

Selain itu, juga PT Jasa Marga, PT Bina Marga, PT Waskita Karya, PT ASDP, PT KAI, PT Hutama Karya, PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, PT Pelni, PT Pelindo I, PT Pelindo II, PT Pelindo III, dan PT Pelindo IV.

Baca juga: Pelindo III : Penumpang kapal laut meningkat 31 persen

Baca juga: Pelindo III tambah kuota mudik gratis hingga 30.000 tiket

Baca juga: Pelindo III siapkan 126 perjalanan bus gratis untuk penumpang kapal

 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019