Jakarta (ANTARA) - Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menyatakan salah satu hakim yang bertugas di PN setempat diserang oleh seorang pengacara dengan menggunakan ikat pinggang, Kamis.

Humas PN Jakarta Pusat Makmur menceritakan kejadian terjadi saat majelis hakim membacakan putusan sidang itu. Padqa saat persidangan memasuki bagian pertimbangan, hakim mengurai petitum perkara yang digugat.

Baca juga: Pengacara pukul hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

"Pengacara berinisial D itu langsung berdiri, mendekati hakim, kemudian mengeluarkan ikat pinggangnya untuk menyerang majelis hakim yang membacakan putusan," ujar Makmur di Jakarta, Kamis.

Alhasil, serangan dengan ikat pinggang oleh D itu mendarat di dahi hakim berinisial HS. Selain itu, hakim anggota 1 berinisial DB juga terkena sabetan ikat pinggang.

"Setelah itu, pihak keamanan pengadilan mengamankan pelaku. Hakim yang bersangkutan langsung dikawal keamanan PN Jakpus ke rumah sakit untuk segera melakukan visum," tuturnya.

Atas kejadian itu, pihak PN Jakarta Pusat langsung berkoordinasi dengan Mahkamah Agung (MA) untuk menentukan sikap ke depannya, apakah pihak pengadilan akan menempuh jalur hukum atau tidak.

Baca juga: Hakim PN Jakpus jadi korban pemukulan pengacara

Dari keterangan Makmur, peristiwa itu terjadi dalam persidangan perdata dengan nomor perkara 223/pdt.G/2018/JKT dengan penggugat pengusaha nasional Tomy Winata (TW) melawan PT PWG. Kejadian tersebut terjadi di ruang sidang Subekti sekitar pukul 16.00 WIB.

Saat ini, pelaku pemukulan tersebut telah diamankan di Polres Metro Jakarta Pusat untuk dilakukan pendalaman.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019