secara keseluruhan jamaah Jabar yang berangkat ke Tanah Suci untuk berhaji sekitar 39.683 orang
Bandung (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum akan menjadi delegasi amirul hajj Jawa Barat dalam penyelenggaraan ibadah haji 1440 Hijriah/2019.

"Alhamdulillah saya ditugaskan oleh Pak Gubernur Jabar untuk menjadi amirul hajj Jabar," kata Wagub Uu dalam acara Jabar Punya Informasi atau Japri dengan tema Penyelenggaraan Ibadah Haji 1440 H, di Halaman Gedung Sate Bandung, Kamis.

Pada kesempatan tersebut Wagub Uu meminta doa kepada seluruh warga Jawa Barat agar dirinya diberikan kelancaran saat menunaikan tugas sebagai amirul hajj di Tanah Suci.

 "Mohon doa restu kepada seluruh warga Jabar agar saya diberikan kelancaran, kesehatan saat bertugas nanti di Tanah Suci," kata dia.

Wagub Uu mengatakan pemerintah pusat dan daerah senantiasa berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pembimbingan, perlindungan, kepastian kuota, pemberangkatan, penyelenggaraan hingga kepulangan calon jamaah haji di Tanah Air.

Berdasarkan data dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, kloter pertama jamaah calon haji asal Jawa Barat diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta ke Tanah Suci, Arab Saudi, setelah melalui proses pemondokan di Asrama Embarkasi Haji Bekasi, pada Ahad (7/7).

Kloter pertama jamaah calon haji yang merupakan jamaah dari Kabupaten Bogor, Sabtu mulai masuk Asrama Haji Embarkasi Bekasi dan akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Soekarno-Hatta, pada Ahad (7/7) pagi.

Kepala Kanwil Kementerian Agama RI Provinsi Jawa Barat, Buchori, mengatakan jumlah calon haji Jawa Barat tahun ini terdiri atas 38.913 orang yang terbagi dalam 97 kelompok terbang atau kloter.

Buchori mengatakan selain itu ada 285 Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan 485 petugas kloter dan kesehatan sehingga secara keseluruhan jamaah yang berangkat ke Tanah Suci untuk berhaji sekitar 39.683 orang. 


Baca juga: Wagub Jabar lepas kloter 1 jamaah calon haji
Baca juga: DPRD Jabar usul asrama haji dibangun dekat Bandara Kertajati
 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019