program ini tidak hanya untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu tapi juga untuk masyarakat umum
Bandung (ANTARA) - Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menyatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan beasiswa senilai Rp 50 miliar untuk warga Jawa Barat yang menjalani pendidikan jenjang S1, S2 dan S3.

"Program beasiswa ini pendaftarannya akan dibuka mulai Agustus sampai September 2019," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika, di Bandung, Kamis.

Dia mengatakan beasiswa ini dianggarkan untuk mencetak para pemimpin masa depan sehingga diberi nama Jabar Future Leader Scholarship 2019.

Adapun persyaratannya ialah warga Jawa Barat, yang ditunjukkan dengan kepemilikan KTP dari kota atau kabupaten di Jawa Barat.

"Sehingga dengan tujuan mencetak pemimpin di masa depan, program ini tidak hanya untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu tapi juga untuk masyarakat umum," kata dia.

Menurut dia, syarat lainnya yang harus disiapkan ialah mahasiswa atau mahasiswi ini kuliah di 10 perguruan tinggi yang telah menandatangani MoU dengan Pemprov Jawa Barat tentang program ini diantaranya Unpad, UPI, ITB serta Universitas Pasundan.

"Harus yang sudah diterima di antara 10 perguruan tinggi tersebut dan pastinya terakreditasi A. Kemudian minimal IPK 3.00. Ada juga beasiswa tugas akhir," kata Dewi.

Dia mengatakan peminat beasiswa ini cukup memberikan identitas diri, catatan nilai akademik, proposal pengajuan beasiswa, atau surat keterangan tugas akhir dan pengajuan dikirimkan ke email beasiswa@jabarprov.go.id.

"Untuk yang jelas pendaftar ini tidak boleh yang sudah mendapat beasiswa dari lembaga lain. Kami sedang menyusun persyaratan lainnya dan jalur pendaftarannya," kata dia.


 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019