Jakarta (ANTARA) -
Masjid Istiqlal dan Masjid dan Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC), Jakarta Utara, menyelenggarakan shalat khusuf (gerhana) menyusul adanya gerhana bulan parsial yang terjadi di Indonesia pada Rabu dini hari.

Imam besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar, melalui pesan singkat yang diterima mengatakan bahwa jamaah Masjid Istiqlal melakukan shlat khusuf dipimpin oleh imam masjid.

Sedangkan, Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan Masjid Raya JIC, Rakhmat Zailani Kiki, melalui pernyataan tertulisnya di Jakarta, Selasa (16/7), mengatakan, Masjid Raya JIC, Jakarta Utara, menyelenggarakan shalat khusuf pada Rabu dini hari sebelum shalat subuh.

 Shalat khusuf di Masjid Raya JIC i diselenggarakan mulai sekitar pukul 03.40 WIB.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau umat Islam Indonesia untuk melaksanakan shalat khusuf atau shalat gerhana bulan dan melakukan khutbah. Imbauan itu menyusul adanya gerhana bulan parsial di Indonesia pada Rabu (17/7) dini hari.

Kemenag bahkan mengeluarkan tuntunan shalat khusuf bagi umat Islam yang belum mengetahuinya.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin, mengatakan, berdasarkan data astronomis gerhana bulan parsial tersebut terjadi pada Rabu (17/7, tepatnya mulai pukul 03:01 WIB.

Menurut dia, hampir seluruh kawasan IndonesIa dapat mengamati gerhana bulan parsial tersebut. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 04:30 WIB dan akan berakhir sekitar pukul 05:59 WIB.

"Bagi kaum Muslim diimbau untuk melakukan shalat sunah gerhana secara berjamaah dan melakukan khutbah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW, dalam pelaksanaan shalat gerhana," kata Amin.

Sebelum melaksanakan shalat khusuf, Muhammadiyah Amin juga mengimbau kepada umat Islam untuk bertakbir terlebih dahulu, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah, dan amal amal kebajikan lainnya. Kemenag juga mengimbau umat Islam berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara.

Baca juga: Kemenag ajak shalat gerhana pada 17 Juli

Baca juga: Masjid Istiqlal gandeng Baznas kumpulkan zakat

Baca juga: Wisata religi buka puasa bersama di Masjid Istiqlal


 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019