Dansat Brimob Papua hadiri pertemuan MSG di Fiji Island

Dansat Brimob Papua hadiri pertemuan MSG di Fiji Island

Suasana pertemuan MSG yang membahas strategi keamanan regional atau Regional Security Strategy di Nadi, Fiji Island, Selasa waktu setempat. (Dokumen Humas Polda Papua)

Jayapura (ANTARA) - Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Papua Kombes Pol Jermias Rontini memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan Melanesian Spearhead Group (MSG) yang membahas strategi keamanan regional atau Regional Security Strategy di Nadi, Fiji Island, Selasa waktu setempat.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal di Kota Jayapura, Selasa malam mengatakan Kombes Pol Jeremias Rontini hadiri pertemuan itu karena perintah langsung Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian melalui Wakapolri.

Baca juga: Kapolri diundang ke Fiji bahas kejahatan transnasional

Baca juga: Indonesia ingatkan MSG tidak campuri urusan kedaulatan

Baca juga: Menkopolhukam: Kegagalan UMLWP jadi anggota MSG kemenangan Indonesia


"Dimana kegiatan ini merupakan pertemuan ke III MSG," katanya.

Menurut dia, Indonesia merupakan full member dari MSG yang membahas beberapa point antara lain penyelundupan senjata, penyelundupan manusia, terorisme, money laundering, transnational crime dan climate change.

"Dimana perwakilan kami mendorong dan menekankan kerja sama regional Kawasan Pasifik melalui MSG ini dan tidak membahas terkait ULMWP atau organisasi terlarang lainnya karena Papua dinilai sudah final dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Adapun negara-negara yang turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Papua Nugini, Solomon Islands, Vanuatu, Fiji, dan New Caledonia’s FLNKS.

"Kebijakan tersebut mendapat dukungan penuh untuk Papua dalam memperkuat hubungan keamanan di Kawasan Pasifik. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari dimulai sejak Senin (15/7) hingga Kamis (18/7)," katanya.
Pewarta : Alfian Rumagit
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019