Batam (ANTARA) - Jamaah Calon Haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang 2 Embarkasi Hang Nadim Batam langsung menunaikan ibadah tawaf, sai dan tahalul, pada hari pertama tiba di Mekah, Arab Saudi.

"Hampir seluruh jamaah telah melaksanakan rangkaian ibadah tersebut, kecuali wanita yang berhalangan dan calon haji pria yang berusia uzur," kata Ketua Kloter 2 Rialis Muhammad Saleh, seperti sampaikan Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam, Syahbudi di Batam, Selasa.

Rialis melaporkan, usai tawaf, sai dan tahalul pada subuh, jamaah memperbanyak ibadah di Masjidil Haram.

Jamaah menumpang Bus Shalawat tujuan Terminal Syob Amir, yang sudah diseiapkan PPIH Aran Saudi untuk melatani JCH pulang dan pergi.
Baca juga: Embarkasi Batam telah berangkatkan 4.919 JCH
Ia juga melaporkan saat itu suhu udara di Mekah bekisar antara 41 hingga 45 derajat celcius.

Sementara itu, hingga hari ini, Embarkasi Hang Nadim Batam telah memberangkatkan sekitar 5.300 orang calon haji dari yang tergabung dalam 12 kloter dari Riau, Kepri dan Kalimantan Barat.

JCH Kloter 12 asal Kalimantan Barat yang dilepas langsung Wakil Gubernur Ria Noorsan terdiri dari 246 orang Kabupaten Ketapang, 62 orang Kabupaten Bengkayang, 131 orang Kabupaten Kapuas Hulu bersama 2 orang TPHD dan 5 orang petugas kloter.

Menurut jadwal JCH Kloter 12 tiba di Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah pada 16 Juli 2019 dan tiba kembali di Tanah Air pada 28 Agustus 2019.

Berdasarkan hasil Qurah Maktab, selama berada di Mekah JCH Kloter 2 menempati pemondokan di wilayah Syisyah Maktab 4 sektor 01 nomor rumah 109.
Baca juga: 2.250 JCH Embarkasi Batam masih di Madinah
Baca juga: Dua kloter JCH embarkasi Batam laksanakan Miqat di Bir Ali

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019