Jumlah tersebut jika dihitung sejak tahun 2014 terus mengalami kenaikan. Sebab pada tahun 2014 jumlah kunjungan wisatawan hanya mencapai 80 ribu orang
Kupang (ANTARA) - Balai Taman Nasional Komodo (TNK) melaporkan bahwa, jumlah wisatawan yang berkunjung ke taman tersebut pada 2018 mencapai 170 ribu wisatawan dengan 60 persen di antaranya merupakan wisatawan mancanegara.

"Jumlah tersebut jika dihitung sejak tahun 2014 terus mengalami kenaikan. Sebab pada tahun 2014 jumlah kunjungan wisatawan hanya mencapai 80 ribu orang," kata Kepala Balai TNK Lukita Awang saat dihubungi dari Kupang, Selasa.

Awang mengatakan bahwa jumlah tersebut mengalami peningkatan dua kali lipat dalam beberapa tahun terakhir.  Ia menambahkan bahwa dari jumlah tersebut, kurang lebih 60 persen adalah wisatawan mancanegara.

"Memang jumlah kunjungan dari wisatawan asing lebih banyak dibandingkan dari wisatawan domestik," tambah dia.

Sementara itu dari data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Barat menyebutkan data kunjungan wisatawan yang berkunjung ke berrbagai lokasi wisata di daerah itu pada  2018 mengalami peningkatan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Barat Agustinus Rinus mengatakan bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada 2018 jumlahnya mencapai 80 ribuan orang.

"Kemudian jumlah wisatawan domestik mencapai 49 ribuan wisatawan, kemudian wisatawan lokal berjumlah 2.196 wisatawan," tambah dia.

Ia mengatakan bahwa untuk jumlah wisatawan pada tahun ini belum tercatat karena masih berjalan.

Lebih lanjut kepala Balai TNK Lukita Awang menambahkan dengan semakin baiknya perhatian dari pemerintah pusat soal destinasi wisata di TNK, ia memastikan pada 2019 jumlah pengunjung akan semakin meningkat lagi.

Apalagi dalam kunjungan Presiden Joko Widodo beberapa hari lalu ke TNK, orang nomor satu di Indonesia itu memberikan perhatian penuh kepada kawasan wisata Labuan Bajo untuk berbenah, guna mendukung peningkatan kunjungan wisatawan.

Baca juga: Jumlah komodo di TNK 2.800 ekor

Baca juga: Presiden hadiri inagurasi TNK Pulau Komodo

 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019