Ribuan calon haji Banyumas siap diberangkatkan ke Tanah Suci

Ribuan calon haji Banyumas siap diberangkatkan ke Tanah Suci

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Banyumas, Purwanto Hendro Puspito. (FOTO ANTARA/Wuryanti Puspitasari)

Purwokerto (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, siap memberangkatkan sebanyak 1.251 calon haji (calhaj) asal daerah itu menuju Tanah Suci di Arab Saudi mulai tanggal 25 Juli 2019 untuk menunaikan ibadah rukun Islam kelima.

"Semuanya sudah siap, tinggal menunggu tanggal keberangkatan saja," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas, Imam Hidayat melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Banyumas, Purwanto Hendro Puspito, di Purwokerto, Selasa.

Dia menjelaskan, jamaah calhaj Banyumas terbagi ke dalam lima kloter yakni kloter 67, 68, 69, 70 dan kloter 96 yang merupakan kloter "sapu jagat".

"Kloter 67 berangkat ke Embarkasi Solo pada 25 Juli 2019 pukul 10.00 WIB," katanya.

Sementara itu, untuk kloter 68 akan diberangkatkan pada tanggal yang sama pukul 20.00 WIB, kloter 69 diberangkatkan pukul 23.00 WIB.

Kemudian, kloter 70 akan diberangkatkan pada 26 Juli 2019 pukul 06.00 WIB, dan kloter 96 akan diberangkatkan pada 3 Agustus 2019 pukul 23.00 WIB.

Terkait makin dekatnya hari keberangkatan, kata dia, pihaknya kembali mengimbau calon haji untuk menjaga kondisi fisik dan kesehatan.

"Dengan kondisi prima maka seluruh proses keberangkatan akan berjalan dengan lancar tanpa ada kendala berarti, terlebih lagi ada calon haji yang sudah berusia lanjut, bahkan ada yang berusia 90 tahun," katanya.

Dia juga mengingatkan seluruh calon haji untuk mempersiapkan seluruh dokumen penting yang diperlukan selama proses keberangkatan.
"Jangan lupa mempersiapkan dokumen penting dan juga kebutuhan pribadi seperti obat-obatan," katanya.

Sebelumnya pihaknya telah menyelenggarakan bimbingan manasik haji massal.

Bimbingan haji massal bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap calhaj agar dapat mandiri dan mampu dalam melaksanakan ibadah haji, demikian Purwanto Hendro Puspito.

Baca juga: Jamaah haji Banyumas mulai berangkat 25 Juli

Baca juga: Kemenag minta calhaj lansia Banyumas ajukan percepatan keberangkatan

Baca juga: Penantian panjang calon haji tertua Banyumas

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019