Cuaca Kota Mekkah terik dan panas menyengat dengan suhu berkisar 42 derajat celcius. Namun jemaah sudah berdatangan ke Masjidil Haram bahkan sejak pagi,
Mekkah (ANTARA) - Jamaah dari berbagai negara menunaikan shalat Jumat di bawah cuaca panas yang ekstrim dengan suhu di atas 40 derajat di Masjidil Haram, Kota Mekkah.

Pantauan Antara di kawasan Masjidil Haram, Jumat, sejak pagi kawasan di wilayah itu telah dipadati jamaah.

Mereka memilih untuk datang lebih awal agar mendapatkan kesempatan menunaikan shalat Jumat di shaf paling dekat dengan Kakbah.

Baca juga: Petugas haji buka delapan posko layanan jamaah di Masjidil Haram

Cuaca Kota Mekkah terik dan panas menyengat dengan suhu berkisar 42 derajat celcius. Namun jamaah sudah berdatangan ke Masjidil Haram bahkan sejak pagi.

Saking banyaknya jamaah, banyak dari mereka yang harus naik ke lantai dua agar mendapatkan tempat untuk shalat. Namun lantaran cuaca yang amat panas hanya sedikit yang bertahan dan berada di bagian yang ternaungi.

Baca juga: Ini layanan yang akan diterima jamaah Indonesia di Mekkah

Shalat Jumat berjalan dengan khusyuk dilanjutkan dengan shalat ghoib yang ditujukan kepada mereka yang telah mendahului menghadap Sang Ilahi.

Setelah itu, para jamaah kemudian banyak yang keluar dari area Masjidil Haram meski tidak sedikit dari mereka yang bertahan di dalam untuk melanjutkan aktivitas ibadah.

Suhu setelah pelaksanaan shalat Jumat bahkan semakin terik sehingga banyak yang mengenakan alat pelindung termasuk masker dan kaca mata hidup.

Baca juga: Sembilan rute bus shalawat antar-jemput jamaah Indonesia di Mekkah
 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019